You Are Here : Home News Keindahan Alam Sumatra Barat

Keindahan Alam Sumatra Barat

Sumatra Barat adalah merupakan propinsi yang terletak pesisir barat pulau Sumatra dan berbatasan sengan Propinsi Sumatera Utara, Riau, Jambi dan Bengkulu. Sumatra Barat memiliki 12 buah kabupaten dengan luas 42.297,30 km2 dan Padang merupakan ibu kotanya propinsinya. Di pronsis sangat banyak sekali objek wisata yang dapat dikunjungi seperti seperti laut, pantai, danau, gunung, dan ngarai. Saking banyaknya objek wisata, maka sering sekali even (kegiatan) International yang diselenggarakan untuk memperkenalkan kedunia International seperti lomba balap sepeda Tour de Singkarak, even paralayang Event Fly for Fun in Lake Maninjau, serta kejuaraan selancar Mentawai International Pro Surf Competition. Berikut beberapa object wisata yang sangat menarik yang JACKHORSE.COM rekomendasikan.

Danau Singkarak

Danau Singkarak

Danau Singkarak ini adalah merupakan danau yang terluas di propinsi ini yang luasnya sekitar 107,8 km2 yang terbentang di 2 kabupaten yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar dengan kedalaman 268 meter dan berjarak sekitar 70 km dari kota Padang. Danau ini memiliki ketinggian 363,5 dari permukaan laut. Banyak sekali spesies ikan yang hidup dalam danau ini (hampir sekitar 19 spesies) seperti ikan sepat, ikan gabus, ikan tilan dan yang sangat terkenal sekali adalah ikan bilih yang sering disajikan di resotaran masakan padang. Para wisatawan bisa mengabadikan yang mengasikan sekali dengan kamera sendiri seperti kegitan memancing, berenang, naik sampan mengelilingi danau serta naik perahu nelayan sambil mengamati nelayan lagi mengkap ikan. Kegiatan International seperti tour the singkarak rutin diadakan setiap tahun sekali untuk memperkanlkan betapa indahnya danau ini. Di sekeling Danau ini banyak sekali restoran dan warung yang menyajikan aneka makanan, minuman serta oleh oleh khas Sumatra barat serta peristirahatan untuk bristirahat serti (Hotel Palapa Prima, Tikalak Kacang, Hotel Caredek Kota Solok, Hotel Taufina By Pass Kota Solok, Cottages di Alahan Panjang.

Danau Maninjau

Danau Maninjau

Danau Maninjau ini adalah merupakan danau yang kedua terluas setelah Danau Singakarak dan uratan kesebelas danau yang terluas di Indonesia. Danau ini memiliki luas sekitar 99,5 km2 dan kedalam maksimum sekitar 495 meter. Danau ini terletak di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam yang jaraknya sekitar 140 km dari kota Padang dan 36 km dari kota Bukit Tinggi dan berada pada ketinggian 461,50 meter dari permukaan laut. Di sekitar danau ini terdapat beberapa penginapan atau tempat peristirahatan seperti Manjuau Indah Hotel, Pasir Permai serta beberapa restoran. Kalau dari arah Bukit Tinggi, anda akan melalui jalan yang berkelok kelok yang dikenal dengan kelok 44 sepanjang 10 km mulai dari Ambun Pagi sampai ke Danau Maninjau tersebut.

Danau Diatas Dan Danau Dibawah

Danau Diatas Dan DibawahDanau ini adalah merupakan danau kembar yang terletak di Kabupaten Solok, yang mana Danau Diatas yang terletak dipinggir jalan Padang Muaro Labuh sedangkan yang satu lagi terletak di Nagari Bukit Sileh. Jarak kedua danau ini hanya sekitar 300 meter. Dan kalau dari kota Padang jaraknya hanya sekitar 60 km dan jika menggunakan transportasi darat (mobil atau bus) maka membutuhkan waktu hanya sekitar 1.5 jam.Danau Diatas ini memiliki luas 17,5 km2 (panjangnya 6,25 km dan lebarnya 2,75 km) dan dalamnya hanya 44 meter serta permurkuaan air berada pada ketinggian 1.600 meter diatas permukaan laut. Sedangkan Danau Dibawah berada pada ketinggian 1.566 meter diatas permukaan laut dan memiliki luas sekitar 16.90 km2 (yang panjangnya sekitar 5,62 km dan lebarnya 3.00 km). Berbeda sedikit dengan Danau Diatas, danau ini memiliki kedalam sekitar 886 meter (hampir dua kali lebih dalam dari Danau Diatas).

Para pelancong juga bisa menikmati keindahan alamnya yang dikelilingi oleh bukit-bukit kecil dan kebun sayur-mayur, kebun buah-buahan dan kebun teh dengan cara naik perahu yang sudah disediakan dengan tarif tidak begitu mahal.Disekitar danau ini ada restoran/warung yang menjual makanan, buah buahan (seperti markisa dan terung belanda yang merupakan ciri khas buah di daerah ini) dan bunga-bunga gunung yang sudah disedikan dengan potnya. Pemerintah kabupaten Solok juga sudah membangun resort di pinggir danau berupa convention hall (yang kapasitasnya sampai 800 orang), dengan fasilitas penginapan berupa villa besar, villa kecil dari kayu serta cottage.

Lembah Anai

Lembah AnaiLembah Anai terletak di Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar yang berjarak sekitar 60 Km dari kota Padang dan jika menggunakan trasportasi darat seperti bus atau mobil pribadi membutuhkan waktu sekitar 1.5 Jam. Lembah Anai ini merupakan kawasan konservasi cagar alam yang terkenal dengan keindahan air terjunnya yang tingginya 50 meter yang terletak dipinggir jalan yang menghubungkan Kota Padang dengan Kota Bukit Tinggi. Sebenarnya masih ada 2 air terjun lagi yang ada di Lembah Anai ini, tetapi tempatnya tertutupi oleh hutan yang lebat. Akses Kelembah Anai ini selain menggunakan bus dan mobil pribadi juga dapat menggunakan kereta api yang beroperasi setiap hari Minggu. Di sekitar Lembah Anai terdapat banyak restoran yang menyajikan aneka makanan dan minuman serta oleh oleh khas Sumatara Barat (seperti keripik sanjai, keripik balado, galamai, beras rendang dll). Disamping itu juga disedikan gazebo untuk peristirahatan. Pemandangan di Lembah Anai sangat asri dan indah sekali, karena disamping air terjun hutan yang lebat juga terdapat sebuah sungai dengan airnya yang sangat jernih sekali. Para wisatawan bisa mandi di bawah air terjun (yang airnya sangat sejuk dan bersih sekali) dan setelah mandi bisa membilas badan dikamar mandi yang sudah disediakan.

Kepulauan Mentawai

Kepulauan Mentawa

Kepulauan Mentawai merupakan sebuah kabupatan yang terletak di pesisir Barat Propinsi Sumatra Barat yang dikelilingi oleh Samudra Hindia. Kabupaten Kepulauan Mentawai ini memiliki empat kelompok pulau utama yaitu Pulau Seberut, Pulau Sibora, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan. Kabupaten ini berjarak sekitar 150 km dari lepas pantai Pulau Sumatra. Akses untuk ke Kepulauan Mentawai ini adalah dengan menggunakan kapal motor dengan waktu tempuh sekitar 12 13 jam yang beroperasi 2 kali seminggu. Kepulauan ini terkenal dengan wisata petualang, budaya dan bahari. Karena dikelilingi oleh lautan (Samudra Hindia), Kepuluan Mentawai sangat terkenal dengan ombaknya yang indah dan ekstrim sangat digemari oleh peselancar/surfing dalam dan luar negri (dimana sering dijadikan ajang perlombaan surfing berkelas International). Disamping itu para wisatawan juga bisa melakukan trakking menempuh pedalaman hutan tropis yang masih asli. Di kepulauan ini juga disediakan banyak peristirahatan atau penginapan seperti Awera Island Surf Camp, Togat Nusa Retreat, Matungou - Mentawai Surf, Manai Koat Surf Camp, Coconuts Mentawai, Ulau Manua Resort, dan masih banyak lagi yang lainnya sehingga para wisatawan dapat memilih sesuai dengan selera masing-masing.


Referensi:

https://wisatasumatera.wordpress.com

https://wikipedia.org

http://www.indonesia.travel

http://www.ranselkosong.com

http://pencerahnusantara.org