You Are Here : Home News Yang Perlu Anda Siapkan Sebelum Travelling Ke Luar Negri

Yang Perlu Anda Siapkan Sebelum Travelling Ke Luar Negri

Ketika anda berkunjung ke suatu negara apakah untuk tujuan wisata atau tujuan bisnis, jangan anda berfikir bahwa berada di negri  orang semudah tinggal di negri sendiri. Tetapi jika  anda persiapkan dengan cermat dan  baik maka semuanya bisa berjalan dengan lancar. Prinsipnya lebih baik repot di awal dibandingkan repot di negri orang. Bagi pengunjung JACKHORSE.COM, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat keluar negri, antara lain: 

  • Persiapkan Dan Periksalah Semua Dokumen Anda Dengan Baik.

Dokumen yang anda harus perhatikan adalah paspor, visa, tiket pesawat PP serta bookingan hotel untuk tempat menginap. Untuk paspor biasanya syaratanya adalah masih berlaku 6 bulan kedepan sebelum tanggal keberangkatan. Begitupun juga dengan nama yang tertulis di paspor jangan sampai salah ketik satu huruf pun. Sedangkan untuk visa, sebaiknya anda percayakan kepada travel yang sudah bisa dipercaya untuk mengurusnya, dan anda harus perhatikan tanggal berlaku dari visa tersebut, jangan sampai anda coba coba untuk tinggal di negri orang sementara visa anda sudah habis masa berlakunya. Untuk tiket pesawat yang harus anda perhatikan adalah, jangan sampai salah ketik satu huruf pun nama anda dan begitu juga dengan gendernya (misalnya Mr untuk Laki-laki, Mrs untuk wanita yang sudah menikah dan Ms untuk wanita yang belum menikah). Selanjutnya tanggal tiket pesawat anda untuk pulang/balik jangan sampai melebihi dari batas tanggal berakhirnya visa anda. Dan perlu juga deperhatikan untuk penerbangan domestik biasanya untuk check in hanya butuh satu jam sebelum keberangkatan, sedangkan untuk keluar negri anda harus sudah berada di bandara 3 jam sebelum keberangkatan. Untuk bookingan hotel sebaiknya anda pilihlah hotel di dalam kota atau dekat dengan tempat tujuan anda sehingga lebih murah biaya transportasinya. Dan yang terakhir, buatlah foto copy paspor, visa, tiket pesawat dan booking hotel tersebut untuk berjaga jaga jika anda kehilangan yang aslinya.

  • Barang Bawaan/Obat/Uang

Barang yang anda bawa tentu saja yang perlu perlu saja selama anda tinggal di negri orang. Alangkah baiknya anda bawa sendiri daripada membeli di sana karena mungkin saja harganya lebih mahal. Misalnya saja baju atau pakaian sesuai dengan musim yang ada negri tujuan anda (jika musim dingin, maka anda sebaiknya memabawa jaket agar bisa anda gunakan nantinya agar tidak kedinginan). Begitupun juga sebaiknya anda juga membawa obat obatan untuk berjaga jaga, misalnya obat batuk, flu, demam, balsem, minyak angin dan obat pribadi lannya (dan jangan lupa membawa foto copy resep dari dokter). Dan bawalah pakaian secukupnya seperti pakain untuk jalan jalan, untuk tidur dan untuk santai, dan jangan terlalu banyak, yang penting cukup, simple dan sesuai dengan kondisi di negri tujuan anda . Dan perlu diperhatikan jangan sekali kali anda menarok pisau, obeng atau barang logam lainya yang sifatnya tajam di dalam koper anda, karena barang ini tidak diperkenankan untuk dibawa di atas pesawat. Jika anda ingin selalu berkomunikasi dengan keluarga tercinta yang anda tinggalkan, maka sebaiknya anda jangan lupa mebawa HP, chargenya dan membeli sim card yang baru agar bisa berkomunikasi dari luar negri pada keluarga yang anda tinggalkan. Dan sebaiknya anda juga membawa uang secukupnya yang bentuknya cash sesuai dengan mata uang negara tujuan anda, karena sesampai di negara tujuan tersebut, anda belum tentu bisa untuk mendapatkan uang cash baik dari ATM terdekat mampun dari money changer yang ada di tempat tersebut.

  • Kendaraan Jemputan

Pastikan ada kendaraan yang menjemput anda dari bandara menuju tempat anda menginap sesampai di negara tujuan anda. Dan jika menggunakan kendaran umum seperti taxi atau bus sebaiknya anda tahu persis alamat hotel tempat anda menginap, makanya bookingan hotel selalu ada di tangan anda, dan jangan sampai ditarok di koper atau tempat lainnya yang susah untuk diambil.

  • Buatlah Daftar/List

Yang namanya manusia, pasti saja ingatan tidak sempurna karena mungkin terlalu sibuk dengan urusan lain. Maka saran saya, sebaiknya anda buat list/daftar dokumen/barang/dll yang harus anda bawa dan ceklah jauh jauh hari sebelum keberangkatan, apakah semuanya sudah siap atau belum, agar nanti di tempat tujuan, anda bisa menikmati jalan jalan atau untuk keperluan lain dengan santai dan enjoy.

Inilah saran dari JACKHORSE.COM jika anda ingin bepergian ke luar negri, tentu saja mungkin ada beberapa yang lainya yang perlu anda siapkan sesuai dengan keperluan anda masing masing. Semoga ini bermanfaat buat pengunjung JACKHORSE.COM. Salam sukses selalu.

 

Referensi:

https://totosp.wordpress.com

http://www.kompasiana.com

https://www.cekaja.com