You Are Here : Home News Tip Agar Rumah Tetap Aman Ketika Berwisata Bersama Keluarga

Tip Agar Rumah Tetap Aman Ketika Berwisata Bersama Keluarga

Banyak orang yang kuatir ketika berwisata bersama keluarga, sementara rumah yang ditinggalkannya kosong, tanpa ada yang menjaganya. Kekuatiran tersebut tentu saja beralasan, karena barang barang yang berharga bisa digondol maling, atau terjadi hubungan pendek arus listrik sehingga menyebabkan kebakaran. Untuk meminimalisir kekuatiran tersebut ada bebara tip dari JACKHORSE.COM agar rumah anda yang ditinggalkan aman dan pikiran anda lebih enjoy ketika menikmati berwisata bersama keluarga tercinta.

  • Matikan dan cabut semua alat elektronik dari stop kontaknya.

Kebakaran sangat sering sekali terjadi ketika terjadi hubungan pendek arus listrik. Untuk menghindari hal ini, maka ketika anda mau meninggalkan rumah, sebaiknya anda matikan dan cabut semua peralatan elektronik dari stop kontaknya, sehingga kemungkinan untuk terjadi arus pendek pada instalasi listrik anda kecil sekali kemungkinannya. Dan tidak hanya stop kontak semua peralatan elektronik saja, tetapi juga dengan kompor gas anda, sebaiknya selangnya dilepas dari tabungnya agar lebih aman. Dan jika anda menggunakan PAM, maka matikan saluran airnya dari kontrol utamanya. Lalu timbul dari pikiran anda, bagaimana dengan lampu penerangan yang ada di dalam rumah dan di luar rumah. Kalau sandainya dimatikan, maka dimalam hari dia tidak akan ada yang menghdupkannya, dan jika dihidupkan, maka disiang hari tidak ada yang matikannya. Tentu saja melihat setuasi begini orang berniat maling sangat mudah sekali membaca sestuasi rumah anda (alias kosong tidak ada penghuninya). Maka sebaiknya lampu di ruang tamu dan teras atau yang di laur rumah anda ditukar dengan lampu otomatis (yang mana pada siang hari otomatis mati dan malam hari akan hidup dengan sendiri). Tip seperti ini tentu akan meminimalisir jika ada orang yang berniat jahat terhadap harta benda yang anda tinggalkan.

  • Kunci Semua Pintu Dan Jendela Rumah Anda Dengan Benar

Karena saking gembiranya pergi berwisata bersama keluarga tercinta, kadang kadang anda lupa untuk mencek semua pintu dan jendela rumah, apakah sudah terkunci dengan benar. Maka dari itu, sebaik sebelum anda meninggalkan rumah alangkah baiknya anda cek kembali kunci pintu dan jendela rumah anda dengan benar (pastikan memang sudah terkunci). Dan jangan sekali kali meninggalkan anak kunci di bawah pot bunga, atau diatas fentilasi, karena ini akan memudahkan pencuri untuk masuk ke rumah anda. Anak kunci tersebut bisa anda titipkan sama orang yang bisa dipercaya atau anda bawa bersama anda jika anda tidak yakin untuk dititipkan. Dan jika komplek rumah anda ada satpamnya, maka alangkah baiknya kalau anda minta satpam untuk mencek rumah anda secara rutin.

  • Simpanlah Barang Berharga Anda Di Tempat Yang Aman

Jika anda memiliki barang berharga seperti emas atau perhiasan serta surat penting lainnya, alangkah baiknya anda titipkan barang tersebut di bank atau di pengadaian. Hal ini tentu lebih aman, jika dibandingkan anda tinggal begitu saja di rumah tanpa ada penghuninya. Lalu timbul dalam benak anda, bagaimana dengan hewan kesayangan saya seperti anjing, kucing atau burung. Nah saran kami , jika bisa anda titipkan sama tetangga rumah anda tentu lebih baik dari pada mati kelaparan tanpa ada yang bisa mengasih makan dan minum, tetapi jika anda kuatir terlalu merepotkan tetangga, maka sebaiknya anda titipkan di penitipan hewan selama anda berwisata (hal ini tentu lebih praktis dan amantanpa merepotkan tetangga anda). Lalu pasti anda berfikir lagi bagaimana dengan koran saya yang datang setiap hari, tentu akan menumpuk di depan teras rumah tanpa ada yang mengambil atau membacanya. Dan perlu anda ingat bukan itu saja bahayanya, tetapi koran yang menumpuk di depan teras anda, orang yang berniat jahat sangat mudah membaca setuasi rumah anda bahwa rumah anda dalam keadaan kosong tanpa ada penghuninya. Saran kami alangkah baiknya anda titipkan sama tetangga atau bilang sama tukang korannya supaya tidak diantar selama anda berlibur.

Semoga beberapa tip ini cukup untuk mengingatkan dan membantu anda jika ingin meninggalkan rumah tanpa ada penghuninya untuk berwisata besama keluarga tercinta.

 

Referensi:

http://www.kompasiana.com

http://www.matahari.co.id