You Are Here : Home News Wisata Di Pulau Komodo

Wisata Di Pulau Komodo

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang yang terletak di Kecematan Komodo, Kabutan Manggarai Barat, Provinsi Nusantenggara Timur. Pulau ini merupakan ujung paling barat Provinsi Nusatenggara Timur, persisnya dekat perbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau in juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh pemerintahan pusat yang dengan habitat aslinya  hewan Komodo (yang merupakan reptil hewan purba). Di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor hewan Komodo yang hidup dan berkembang biak dengan baik. Namun secara keseluruhan jumlah hewan ini adalah 2500 ekor jika digabungkan dengan jumlah yang hidup di Pulau Rinca dan Gili Montang. Tetapi masih ada sekitar 100 ekor lagi di Cagar Alam Wae Wuul di pulau Flores, namun ini di luar wilayah Taman National Komodo.

Pulau Komodo

Taman Nasional Komodo didirikan pada tahun 1980 yang tujuannya untuk menjaga kelestarian serta berbagai macam tumbuh-tumbuhan dan satwa, termasuk binatang laut. Pada tahun 1986 Pulau Komodo diterima sebagai Situs Dunia Warisan UNESCO, karena dalam wilayah Taman Nasional Komodo, bersama dengan Pulau Rinca, Pulau Pandar dan Gili Motang. Pulau yang jadi andalan Indonesia dalam ajang New 7 Wonders of The Nature punya keunggulan dibandingkan dengan lokasi lokasi lainnya karena memiliki satwa langka sebagai “donosaurus” terkhir di muka bumi. Daya darik pulau komodo ini tidak hanya pada hewan purba ini saja, tetapi juga daya pesona alamnya yang asri serta pemandangan bawah laut yang sangat indah sekali. Para pelancong bisa menikmati seperti melakukan wisata snorkeling, trekking, diving serta memancing. Untuk melakukan kegiatan tersebut, para wisatawan didampingi pemandu khusus yang merangkap menjadi pawang hewan Komodo yang sudah memiliki pengalaman yang mungasai medan demi keselamatan wisatawan, karena hewan Komodo adalah hewan pemakan daging (kadal raksasa yang buas).

Trekking Di Pulau Komodo

Dengan cara trekking, maka para wisatawan bisa melihat langsung hewan komodo ini dari dekat. Hewan buas ini panjangnya sekitar 2 - 3 meter dengan berat berkisar 100 – 164 kg. Nama ilmiah dari hewan ini adalah Varanus Komodensis atau oleh penduduk setempat dinakaman “Ora”. Binatang ini memiliki kuku yang tajam dan kulit yang bersisik dan memiliki lidah ynag bercabang dua seperti ular yang selalu menjulur. Oleh pemandu sekaligus pawang komodo, para wisatawan akan dibawa ketempat yang disebut dengan Water Hole yang merupakan tempat minum dan beristirahat komodo. Para wisatawan juga akan diajak untuk mendaki Gunung Ara yang memiliki ketinggian 538 meter dari permukaan laut. Selain bisa melihat hewan purba ini para trekking juga bisa melihat binatang lainnya seperti kuda, rusa, berbagai spesies burung, ular, biawak dan masih banyak lagi yang lainnya. Di pulau ini juga ada ekosistem flora yang unik yaitu seperti kayu sepang yang oleh warga sekitar digunakan sebagi obat dan bahan pewarna pakaian, pohon nitak ini atau sterculia oblongata di yakini berguna sebagai obat dan bijinya gurih dan enak seperti kacang polong.

Snorkeling di Pulau Komodo

Lain halnya dengan snorkeling, para wisatawan dapat menikmati keindahan alam bawah laut yang memiliki 386 lebih jenis terumbu karang, 70 jenis bunga karang, rumput laut sebagi rumah bagi ribuan ikan, penyu hijau, paus, hiu, lumba lumba dan lain lainnya. Titik penyelaman bisa dilakukan di Batu Samsia (ini merupakan tempat favorit, yang mana para wisatawan bisa berinteraksi dengan kura-kura, hiu dan beraneka macam ikan lainnya). Selanjutnya Toko Toko (para wisatawan bisa menikmati keindahan terumbu karang dengan berbagai warna dan ikan ikan yang berenang diantara karang. Dan yang terkhir adalah di titik Crystal Rock, yang mana bisa melihat katak ikan, Barramundi Cod, Parrotfish dan beberapa jenis ikan lainnya.

Untuk akses ke Pulau Komodo, bisa dilakukan lewat darat, laut dan udara. Kalau lewat darat, para wisatawan dari Denpasar naik Bus menuju Labuan Bajo, selanjutnya naik kapal ferry menuju Pulau Komodo. Jika lewat laut, para wisatawan bisa berangkat dari Tanjung Benoa Bali menuju ke Labuan Bajo, dari sini bisa dilanjutkan dengan menggunakan kapal ferry menuju Pulau Komodo. Sedangkan kalau lewat udara, para wisatawan bisa terbang dari Denpasar menuju Labuan Bajo, dan selanjutnya naik kapal ferry menuju Pulau Komodo. Untuk menginap, para wisatawan tidak usah kuatir, di Labuan Bajo ada beberapa hotel yang bisa dipilih sesuai dengan selera masing masing. Para wisatwan pun juga bisa tidur di kapal sewaan yang sudah dilengkapi dengan tempat tidur, toilet dan paket makan.  Selain itu bisa juga menginap di rumah penjaga Pulau Komodo (yang berupa rumah panggung).

 

Referensi:

http://www.pulaukomodo.com

https://wikipedia.org

https://wisatanusatenggara.wordpress.com

http://www.komodomegawisata.com