You Are Here : Home News Wahana Bahari Di Bunaken

Wahana Bahari Di Bunaken

Bunaken adalah merupakan sebuah Pulau seluas 8,08 km2 di Teluk Manado, yang terletak di bagian utara Pulau Sulawesi. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, Ibukota Provinsi Sulawesi Utara. Jaraknya dari kota Manado tidak begitu jauh, cukup dalam waktu 30 menit dengan menggunakan perahu motor, para wisatawan sudah sampai di pulau ini. Apa keisitimewaan pulau ini? Dimana disekitar pulau ini terdapat Taman Laut Bunaken yang merupakan bagian Taman Nasional Bunaken yang luasnya sekitar 890,65 km2 (yang mana 97% merupakan habitat laut dan sisanya 3 % merupakan habitat daratan) dengan 5 buah pulau yang berada di dalamnya (Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen).

Bunaken

Di Taman Nasional ini sangat banyak sekali titik untuk menyelam (diving) yang sangat baik. Diperkirakan ada sekitar 20 titik yang bisa dinikmati oleh penyelam untuk melihat keindahan kehidupan spesies mapun terumbu karang yang ada dalamnya. Perlu juga diketahui oleh para wisatawan, di perairan ini ada karang raksasa yang berdiri vertikal yang terbentang dari arah Tenggara hingga Barat Laut, sehingga ini merupakan keunikan tersendiri bagi Parawisata Bahari di perairan ini jika dibandingkan ditempat lain. Di kepulauan ini Indonesia meciptakan rekor dunia baru, yaitu pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut pada kedalaman sekitar 15 meter dibawah permuaan laut (ketika perayaan hari kemerdekaan 17 Agustus 2009) dengan jumlah peserta 2.200 penyelam dibawah Komando TNI AL . Tentu saja pemerintah Indonesia betujuan selain memecahkan rekor dunia (yang mana sebelumnya dipegang oleh Pakistan dengan jumlah penyelam 925 penyelam), juga untuk menarik perhatian dunia bahwa banyak tempat-tempat wisata bahari di Indonesia yang tidak kalah bagus dibandingkan dengan tempat lain di dunia ini. Disamping itu juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia khususnya betapa pentingnya menjaga kelestarin hidup baik flora maupun fauna bawah laut.

Terumbu Karang Bunaken

Jumlah spesies terumbu karang di Taman Nasional ini ada sekitar 390 jenis dan spesies ikan ada sekitar 90 jenis. Jumlahnya memang tidak sebanyak jenis terumbu karang dan spesies ikan yang hidup di perairan Kepulauan Raja Ampat, tetapi keindahan flora dan fauna yang hidup di dalamnya tidak kalah dengan pemandangan bawah laut Kepuluan Raja Ampat. Nah lain halnya dengan akses kesini, akses ke Taman Nasional ini lebih mudah dan murah dibandingkan dengan Kepuluan Raja Ampat. Sehingga bagi orang yang tidak memiliki buget yang banyak lebih cendrung memilih tempat ini. Banyak para wisatawan lokal karena bugetnya terbatas mimilih tempat ini, tetapi bagi para wisatawan manca negara yang memiliki budget lebih tentu saja memilih Kepulauan Raja Ampat.

Ikan Bunaken

Untuk akses ke pulau ini, kalau seandainya dari Jakarta (Bandara Soekarno Hatta) tentu saja harus menuju Bandara Manado (Sam Ratulangi International Airport) dengan menggunakan pesawat dan waktu tempuh sekitar 4 jam lebih 21 menit. Dari Bandara Manado menuju Teluk Manado bisa menggunakan transportasi darat (seperti mobil bus parawisata, taxi, bus umum dll). Dan dari Teluk Manado para wisatawan tinggal naik kapal motor yang sudah disediakan dan tentu saja tidak gratis. Untuk penginapan di pulau ini para wisatwan tidak usah kuatir, kerena di pulau ini banyak sekali tempat penginapan seperti hotel yang harganya sangat bervariasi (tergantung fasilitasnya) dan para wisatawan bisa memilih sesuai dengan selera dan buget masing masing.

 

Referensi:

https://wikipedia.org

http://dreamindonesia.me

http://www.gocelebes.com

http://www.utiket.com

http://www.booking.com