You Are Here : Home News Cara Mencegah Penyakit Diabetes

Cara Mencegah Penyakit Diabetes

Kesehatan adalah merupakan modal utama untuk melakukan setiap aktivitas kita. kesehatan adalah merupakan nikmat yang tiada nilai dari sang Pencipta. Contohnya saja jika anda menderta penyakit diabetes (kencing manis), maka banyak sekali pantangannya, misalnya makan nasi tidak boleh terlalu banyak, tidak boleh minum dan makanan yang manis manis, tidak boleh terlalu lelah dan masih banyak lagi pantangan lainnya. Tentu saja secara otomatis, hidup anda merasa terkekang atau sengsara jika dibandingkan ketika anda sebelum menderita penyakit diabetes ini. Nah untuk itulah, bagi para pengunjung website ini, JACKHORSE.COM memberikan Tip bagaimana cara menghindari penyakit diabetes. Dan ingat,  mencegah jauh lebih baik dan mudah dari pada mengobati (dan apalagi mengobati penyakit diabetes, sangat susah sekali untuk sembuh).

 

  • Pola Makan Yang Sehat

Sebagian besar penyebab utama dari diabetes  adalah pola makan yang tidak sehat. Dimana orang kebanyakan lupa mengontrol diri ketika makan makanan dan minum minuman yang manis manis yang terlalu berlebihan. Jangan terlalu banyak porsi nasinya dan jangan terlalu sering mium minuman yang manis manis (seperti teh manis, kopi, dll., dan bukan tidak boleh minum kopi dan teh manis, tetapi minum yang terlalu banyak dan berlebihan ini akan menyebabkan penyakit diabetes). Hindarilah makan malam (makan nasi) sebelum tidur, dan alangkah baiknya makan nasi sebelum jam 8 malam. Ingat disamping menyebabkan penyakit diabetes, orang yang suka makan sebelum tidur juga akan menyebabkan berat badan berlebihan alias gemuk (dan menurut penelitian sekitar 80% orang yang menderita diabetes adalah orang gemuk). Jadi aturlah pola makan yang sehat, cukup 3 kali sehari dengan porsi yang pas dan sehat (dilengekapi dengan sayur dan buah buahan).

  • Berolah Ragalah Dengan Teratur

Saking sibuk dengan pekerjaan, maka sebagian dari kita lupa untuk melakukan olah raga, alasannya mungkin malas, sibuk, bangunya kesingan dll. Padahal olah raga adalah sangat penting sekali buat kesehatan tumbuh kita. Olah raga akan mengatur kadar gula darah dalam tubuh dan mengantarkanya glukosa ke bagian bagian tubuh yang memerlukan energi. Jadi melakukan olah raga secara teratur setiap hari (misalnya joging pagi disiketar rumah, minimal 45 menit), dapat membakar glukosa dan lemak yang berlebihan di dalam tubuh. Disamping itu, dengan berolah raga maka badan sehat bugar, pikiran terasa fresh, dan menghilangkan stres (dan ingat stres juga salah satu penyebab dari penyakit diabetes), sehingga kita bisa melakukan aktifitas dikantor penuh dengan semangat. 

  • Hindari Merokok

Bagi pembaca yang budiman yang suka merokok, cobalah untuk berhenti merokok, karena merokok ini banyak sekali mudaratnya. Orang yang merokok, bisa menyebabkan penyakit jantung, darah tinggi, kangker paru paru, diabatese dll. Merokok dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk memanfaatkan hormon pengatur gula darah. Untuk berhenti merokok ini, perlu tekad dari dalam diri sendiri. Perlu diketahui bagi yang suka merokok, disamping membahayakan diri sendiri, juga bisa membahayakan bagi orang yang berada disekitarnya walaupun orang tersebut tidak merokok.

Semoga tip ini beranfaat bagi pengunjung website ini. Salam sehat buat semuanya.

 

Referensi:

http://catatancalvinnainggolan.blogspot.com

http://kesehatan96.blogspot.com