You Are Here : Home News Apa Saja Yang Mungkin Disiapkan Untuk Mengurus Visa?

Apa Saja Yang Mungkin Disiapkan Untuk Mengurus Visa?

Apa sih Visa itu? Mungkin sebagian dari pengunjung JACKHORSE.COM sudah tahu, dan mungkin sebagian belum tahu sama sekali. Nah bagi yang belum tahu, ada baiknya membaca artikel/tulisan ini supaya menambah dan memperluas wawasan. Dimana Visa adalah merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh sebuah negara yang memberikan seseorang izin untuk masuk ke negara tersebut dalam suatu periode waktu dan tujuan tertentu. Lalu seperti apakah bentuk Visa ini? Bagi yang belum pernah melihatnya, mungkin saja mereka-reka (misalnya saja seperti KTP, SIM, Kartu ATM atau Kartu Kredit dsb). Tentu saja reka-reka tersebut salah, dimana bentuk Visa bisa dalam bentuk stiker yang dapat di apply di kedutaan negara yang akan dikunjungi atau berbentuk stempel pada paspor pada negara tertentu. Lalu bagaimana cara memperoleh Visa ini? Apakah diperoleh dari kantor Kelurahan, dari kantor Kecematan atau dari kantor Polisi setempat? Tentu saja tidak para pembaca yang budiman, Visa bisa diperoleh di kedutaan dimana negara tersebut mempunyai Konsulat Jendral atau Keduataan Asing. Lalu baimana mengurus Visa ini? Apakah cukup surat pengantar dari RT, RW atau Kelurahan? Tentu saja tidak semudah itu teman, dimana untuk mengurus Visa mungkin ada beberapa hal yang harus kita persiapkan seperti dibawah ini.

  • Paspor Dan Dokumen Lainnya

Paspor adalah syarat utama untuk pengurusan visa. Paspor terbut minimal masih berlaku 6 bulan kedepan sebelum keberangkatan. Tentu saja bagi yang belum punya Paspor harus mengurus Paspor terlebih dahulu di Kantor Imigrasi setempat. Apa masih ada dokumen pendukung lainya yang mungkin perlu dipersiapkan disamping Paspor? Tentu saja ada, seperti foto copy KTP, foto copy Kartu Keluarga, foto copy surat nikah (bagi yang sudah menikah), serta foto copy Akte Kelahiran dll. Lalu apakah perlu uang untuk pengerususan Visa ini atau tanpa biaya? Tentu saja untuk pengurusan Visa tidak gratis, kita harus meyiapakan sejumlah uang untuk pengurusannya yang besar sangat bervariasi tergantung jenis Visanya dan juga negara yang dituju. Masih adakah dokumen lain yang mungkin perlu dipersipakan? Tentu saja mungkin seperti surat keterangan kerja jika kepentingan keluar negri untuk tugas kerja, surat keterangan mahasiswa/pelajar jika masih kuliah/sekolah. Dan perlu juga dicatat, jika masih memunpunyai paspor yang lama yang sudah habis masa berlakunya sebaiknya disertakan juga sebagai data pendukung untuk lebih mempermudah atau memperlancar.

  • Booking Hotel Dan Pemesanan Tiket Pesawat PP

Mungkin ada beberapa negara yang sangat ketat sekali aturannya, maka untuk berjaga jaga, Bookingan Hotel perlu juga dipersiapkan sebagai data pendukung untuk kelancaran pengurusan Visa kita. Disamping itu mungkin juga ada negara yang meminta bukti Pemesanan Tiket Pesawat Pulang Pergi, untuk memastikan agar kita memang tinggal di luar negri tidak melebihi batas visa yang diberikan.

  • Data Rekening Tabungan

Untuk pengusursan Visa mungkin aja ada negara meminta foto copy buku tabungan/rekening di bank minimal 3 bulan terkahir. Ini tujuannya adalah disamping kita mempunyai penghasilan tetap tiap bulan di negara asal kita dan juga untuk membuktikan bahwa kita juga memiliki uang untuk menutupi biaya hidup selama kita di negara tersebut (nominalnya antara satu negara dengan negara lain belum tentu sama).

Tentu saja pesyaratan di atas tidak mutlak adanya, setiap negara mempunyai aturan tersendiri, bisa saja antara satu negara dengan negara lain berbeda persyaratannya dan sewaktu waktu mungkin saja berubah. Tetapi ini hanya sekedar info yang dapat memberikan gambaran dan wawasan kepada pembaca kira-kira apa saja yang mungkin dipersiapkan jika ingin mengurus Visa. Salam sukses selalu.

 

Referensi:

http://www.pegipegi.com

https://wikipedia.org

http://www.travelingcow.com

https://ceritagajahkecil.wordpress.com

http://www.ambafrance-id.org

http://applyvisacanada.blogspot.com

http://pursuingmydreams.com