You Are Here : Home News Bahaya Merokok

Bahaya Merokok

Pengunjung website yang setia, pada hari ini kami ingin mejelaskan secara singkatt tentang bahaya merokok buat kesehatan kita. Alangkah baiknya sebelum berbicara lebih jauh, kami ingin mejelaskan, zat kimia apa saja yang terkandung dalam sebatang rokok?. Dimana pada sebatang rokok terkandung zat kimia seperti TAR, NIKOTIN, KARBON MONOKSIDA, dan BAHAN KIMIA LAINNYA. Lalu Apa bahayanya zat tersebut terhadap kesehatan manusia? Untuk lebih jelasnya pembaca yang budiman bisa membaca ulasan berikut ini.

  • TAR

Dimana kandungan Tar yang ada rokok, akan terhisap dan masuk ke dalam paru paru. Zat ini akan menyumbat danmengiritasi paru-paru dan sistem pernapasan, sehingga bisa meyebabkan penyakit brongkitis kronis, kanker paru paru dll. Racun TAR ini jika masuk ke aliran darah dan kemudian dikeluarkan lewat urine, dan Tar yang tersisa dikantong kemih dapat menyebabkan kanker kantong kemih. Bagaimana dengan perokok pasif (orang tidak merokok, tetapi menghirup asap rokok yang dikeluarkan oleh orang lain yang sedang merokok) ? Dimana kandungan tar yang terhirup oleh perokok pasif ini bisa 3 kali lipat dibanding kan perokok aktif.

  • NIKOTIN

Zat ini dalam tubuh manusia akan menimbulkan sifat adiksi atau candu yang memicu peningkatan konsumsi terhadap rokok itu sendiri. Zat inilah yang membuat orang yang suka merokok susah untuk berhenti, karena Nokitin tersebut yang sifat sebagai candu. Dan tidak hanya itu, zat ini bisa mempengaruhi sistem saraf manusia serta mempercepat detak jantung (melebih detak jantung normal sehingga bisa memicu penyait jantung). Nah bagi orang yang perokok pasif, zat ini akan terkonsentrasi bisa 3 kali lipatnya dibandingkan perokok aktif.

  • KARBON MONOKSIDA

Karbon Monoksida ini sama hal/sifatnya dengan zat Karbon Monoksida yang dikeluarkan oleh asap kandelpot motor atau mobil. Jika terhirup oleh manusia maka akan menurunkan kadar oksigen di dalam tubuh, artinya akan mengurangi kemampuan sel sel darah merah untuk membawa oksigen keseluruh tubuh karena sebagian oksigen tersebut diikat oleh karbon monoksida tersebut, sehingga akan mempengaruhi terhadap sistem peredaran darah dan akan memicu terjadinya penyakit jantung. Tidak itu saja, karbon monoksida ini juga akan memudahkan penumpukan zat zat penyumbat pembuluh nadi dan hal ini sangat mebahayakan sekali buat jantung manusia. Bagaimana dengan perokok pasif, gas berbahaya ini akan terkonsentrasi 3 kali lipat dibandingkan dengan perokok aktif.

  • BAHAN KIMIA LAINYA

Bahan kimia lainnya seperti Acleroin, Ammonia, Formic Acid, Hydrogen Cyanide, Nitrous Oxyde, Fromaldehyd, Phenol, Acetol, Hydrogen Sulfide, Pyridine dan masih banyak lagi yang lainnya, dan kalau disebutkan satu persatu sampai ribuan zat kimia lainya yang terkandung pada sebatang rokok , dan semua zat kmia tersebut juga sangat membahayakan kesehatan manusi dan bisa memicu penyakit kanker. Bagi orang menghisap asap rokok yang duduk disekitar orang yang sedang merokok, zat kimia yang berbahaya ini bisa terkonsentrai 50 kali lipat dibandingkan bagi yang orang yang sedang merokok tersebut (perokok aktif).

Melihat betapa banyaknya bahaya yang ada pada rokok tersebut bagi kesehatan tubuh manusia, maka alangkah baiknya bagi pengunjung website ini yang masih merokok untuk berhenti merokok, demi kesehatan. Dan bagi yang belum bisa berhenti merokok, sangat daharuskan sekali agar merokok jangan di tempat umum, karena akan membahayakan orang lain yang tidak merokok. Semoga ulasan kali ini sangat bermanfaat sekali buat kita semua.

 

Referensi:

https://ujikurniawan.wordpress.com

http://www.alodokter.com

http://aceh.tribunnews.com

https://wikipedia.org