You Are Here : Home News Buat Paspor Bisa Secara Online

Buat Paspor Bisa Secara Online

O ya, mungkin sebagian pengunjung website ini belum mengerti betul apa sih itu Paspor dan bagaimana cara buat Paspor secara online. Dimana Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas dari pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalan antar negara. Menurut Jenisnya paspor ini dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu: Paspor Biasa (di Indonesia warna sampulnya hijau dan dikeluarkan oleh Dirjen Keimigrasian), Paspor Diplomatik (di Indonesia warna sampulnya hitam dan keluarkan oleh Departemen Luar Negri), Paspor Dinas/Resmi (di Indoensia warna sampulnya biru dan dikeluarkan oleh Departemen Luar Negri setelah mendapat persetujuan Sekretariat Negara), Paspor Asing, Paspor Kelompok (biasanya diberikan kepada sekelompok orang misalnya anak sekolah yang melakukan liburan ke luar negri dan semua nama mereka hanya dalam satu paspor dan berlaku selama perjalanan liburan mereka berlangsung) dan Paspor Haji (ini digunakan oleh orang yang mau naik haji dan warna sampul Paspor Haji di Indonesia adalah Coklat).

Kami masih teringat dengan tetangga kami yang membuat Paspor untuk berangkat haji, dimana mereka harus bolak balik minimal 3 kali ke Kantor Imigrasi setempat yang pada waktu itu masih belum ada sistem pembuatan Paspor secara online. Kedatangan pertama ke Kantor Imigrasi untuk mengisi formulir dan melengkapi berkas, kedatangan kedua adalah proses wawancara, pengambilan foto serta pembayaran biaya pembuatan, dan kedatangan yang ketiga atau yang terakhir adalah pengambilan Paspor yang sudah selesai. Semua proses ini (mulai dari kedatangan pertama sampai yang ketiga) membutuhkan waktu yang ngak sebentar dan menunggu antrian yang panjang.

Sekarang dengan ada sistem pumbuatan Paspor secara online, yang mana untuk mengisi formulir dan melengkapai berkas bisa dilakukan secara online. Tentu saja hal ini memangkas waktu yang tadinya minimal orang harus datang ke Kantor Imigrasi 3 kali, sekarang bisa 2 kali saja. Tentu hal ini akan menghemat waktu dan biaya dan tidak perlu antri berlama lama. Namun perlu pembaca budiman perhatikan, baik secara offline mapun secara online, berkas yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut.

  1. Foto Copy KTP
  2. Foto Copy KK
  3. Foto Copy Akte Lahir/ Surat Nikah(bagi yang menikah)/Foto Copy Ijazah
  4. Foto Copy Paspor yang lama (jika ada)

Lalu ketika datang ke kantor imigrasi untuk melakukan wawancara dan pengambilan foto jangan lupa membawa berkas yang aslinya serta Tanda Terima Pra Permohonan yang didapat ketika mengisi formulir secara online sebelumnya. Dan biasa Paspor bisa diambil paling lama 30 hari setelah pegambilan foto. Demikian kira kira cara dan persyaratan untuk membuat Paspor secara online, tentu saja ketentuan di atas sewaktu waktu bisa saja berubah mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Semoga info di atas bermanfaat buat pengunjung yang budiman.

 

Referensi:

https://wikipedia.org

http://www.infokubagus.com

http://detik.com