You Are Here : Home News Keindahan Sunrise Gunung Bromo

Keindahan Sunrise Gunung Bromo

Kalau sebelumnya pengunjung JACKHORSE.COM diajak berwisata bahari seperti wisata ke Raja Ampat, Bunaken dan Kepulauan Seribu. Saat ini kami ingin memaparkan kepada pengunjung yang tercinta tentang keindahan pemandangan di Gunung Bromo. Sebelum kita mengupas lebih jauh objek wisata di Gunung Bromo ini, alangkah baiknya kita tinjau dahulu secara geografis lokasi dari Gunung Bromo ini. Dimana gunung ini mempunyai ketinggian 2.329 meter dari permukaan laut yang diapit oleh empat buah kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Malang. Sampai saat ini gunung ini masih aktif, sehingga menjadi daya tarik yang sangat eksotis buat para wisatawan. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Tengger Semeru.

Gunung Bromo

Lalu apa sih keistimewaan objek wisata di Gunung Bromo? Tentu saja sebagian pembaca yang belum pernah ke sana pasti penasaran. Yang sangat istimewa sekali adalah lautan pasir yang luas sekitar 10 km2 yang mengelilingi Kawah Bromo yang megeluarkan asap putih. Pemandangan ini diperindah ketikan melihat matahari terbit dari arah ufuk timur dengan udara yang dingin sekali sambil minum minum yang hangat (seperti kopi, teh dll) yang dijual disikitar kawah tersebut. Karena keindahan sunrise tsb, banyak para wisatawan berangkat dari penginapannya disekitar Cimero Lawang atau Tosari Pasuruan sekitar jam 3.30 pagi agar bisa melihat pemandangan tersebut.

Tangga Gunung Bromo

Untuk akses ke gunung ini dari Kota Surabaya bisa melalui Malang, Lumajang, Tomas-Probolinggo atau Pasuruan. Untuk menuju Puncak dan Kawah Gunung Bromo biasanya dilakukan dengan kendaraan atau mobil khusus yaitu Mobil Jeep yang sudah disediakan (tentu saja harus bayar) dan bahkan ada yang melakukan dengan jalan kaki sambil berolah raga (hal ini perlu tenaga yang prima). Begitu sampai di kaki Gunung Bromo (lebih kurang sekitar 1 jam jika naik Mobil Jeep), para wisatawan bisa melanjutkan perjalan yang jarak sekitar 2 km menju puncak gunung dengan jalan kaki atau naik Jeep dan menapaki anak tangga sekitar 250 an anak tangga. Lalu bagaimana dengan penginapan yang ada di sini? Para wisatawan bisa memilih tempat penginapan yang ada di sekitar kawasan Taman Nasional Tengger Semeru sesuai dengan selera dan kantong masing masing, karena banyak sekali tempat penginapan seperti Hotel, Homestay , Villa dll baik di Cemoro Lawang Sukapura Probolinggo, maupun di daerah Tosari Pasuruan. Untuk pergi berwisata ke Gunungg Bromo sangat dianjurkan sekali pada musim kemarau supaya dapat melihat keindahan Gunung Bromo dengan sempurna. Semoga info ini bermanfaat buat pengunjung website ini. Salam Hangat Selalu.

 

Referensi:

http://www.eastjava.com

https://wikipedia.org

http://wisata-bromo.com

http://bromotravelagency.blogspot.com

http://hargatiketwisata.blogspot.com