You Are Here : Home News Candi Borobudur Yang Terkenal Di Dunia

Candi Borobudur Yang Terkenal Di Dunia

Sekarang JACKHORSE.COM mengajak para pengunjung website ini untuk jalan jalan ke Candi Borobudur. Dimana Candi ini didirikan pada abad 800 an Masehi dan merupakan peninggalan nenek moyang kita yang beragama Budha. Candi ini merupakan Candi Budha yang terbesar di dunia yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Jika dari Kota Magelang sekitar 15 km, dari Kota Jogyakarta sekitar 40 km dan dari Kota Surakarta sekitar 86 km.

Candi Borobudur

Kalau seandainya kita perhatikan secara seksama bentuk dari candi ini struktur dasarnya berbentuk punden berundak, dengan enam pelataran berbentuk bujur sangkar, tiga pelataran berbentuk bundar melingkar dan sebuah stupa utama yang terletak ditengah tengahnya (dengan diamater lebih kurang 9.90 meter) sebagai puncaknya yang merupakan mahkotanya. Di sekeliling stupa utama ini terdapat 72 stupa yang berlubang dan di dalamnya terdapat archa (patung budha yang tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan sikap tangan memutar roda dharma) dan sebanyak 1472 buah stupa kecil yang menghiasi candi yang terdapat pada relung relung. Jumlah dari patung Buda yang ada pada candi ini keseluruhannya adalah 504 buah, yang mana 72 buah yang terdapat pada teras teras bundar dan 432 buah yang terdapat pada relung relung. Para pembaca yang budiman bisa membayangkan begitu besarnya candi ini (yang mana lebar dari bangunan candi ini 123 meter dan panjangnya 123 meter dan tingginya 30.5 meter). Di sekeliling dinding candi ini terdapat Relief (ukiran) yang jumlahnya 2.762 Panel Relief sehingga Candi Borobudur selain Candi Budha yang terbesar di dunia juga memiliki koleksi Relief Budha terlengkap dan terbanyak di dunia.

Candi Borobudur

Untuk akses ke Candi Borobudur ini banyak sekali karena wilayah Borobudur ini sangat dekat dengan Kota Jogyakarta, Kota Magelang, Kota Surakarta atau dari Kota Surabaya. Kalau seandainya kita dari Kota Jogyakarta bisa naik bus umum, taxi atau mobil yang sudah disediakan oleh travel travel agen yang ada di kota tersebut. Jika kita dari Jakarta, bisa naik pesawat menuju Bandara Adisucipto Jogyakarta, dari bandara bisa naik TransJogja menuju terminal Giwang atau dari bandara bisa naik bus DAMRI jurusan Magelang (dan sebelum sampai Magelang, kita turun di pintu gerbang Candi Borobudur). Tetapi jika menggunakan kereta api, kita bisa naik Kereta Api Executive atau Ekonomi. Untuk Kereta Executive, ambilah jurusan Jakarta-Bandung-Surabaya, lalu turun di Stasiun Tugu Jogyakarta. Dan jika kita menggunakan kereta api ekenomi, maka ambilah jurusan Jakarta-Bandung-Surabaya dan turun di stasiun Lempunyangan Jogyakarta. Untuk masalah penginapan, tidak usah kuatir, sangat banyak sekali penginapan baik di Kota Jogyakarta, Kota Magelang atau di sekitar Candi Borobudur itu sendiri. Begitupun juga dengan makanan, banyak sekali restoran yang ada di sekitar candi tersebut yang menyediakan dan meyajikan makanan khas Indonesia khususnya Jogyakarta. Semoga info kali ini bermanfaat buat pengunjung yang budiman.

 

Referensi:

 

http://asal-usul-motivasi.blogspot.com

https://wikipedia.org

https://nyapurnama.wordpress.com

https://travelinghematnusantara.wordpress.com