You Are Here : Home News Tip Mudah Untuk Berhenti Merokok

Tip Mudah Untuk Berhenti Merokok

Ketahuilah oleh pengunjung JACKHORSE.COM bahwa orang susah berhenti merokok karena dalam rokok itu sendiri terkandung zat NIKOTIN, yang mana zat kimia ini bersifat adiksi atau candu dan membuat orang yang merokok ketagihan dan susah untuk berhenti. Dan ini sudah dibahas secara singkat pada ulasan sebelumnya tentang "Bahaya Merokok". Nah kali ini JACKHORSE.COM memberikan tip yang sederhana buat pembaca yang budiman bagaimana caranya untuk berhenti merokok.

  • Mulailah Dengan Cara Sederhana

Bagi yang perokok berat, biasanya merokok dilakukan setiap saat (sesudah makan, lagi ngopi, lagi kerja di depan komputer, lagi ngobrol sama teman dll), dan biasanya satu bungkos rokok bisa habis dalam satu hari. Nah bagi mereka yang seperti ini, untuk berhenti sama sekali sangat sulit sekali (kecuali kalau sudah ada vonis dari dokter untuk berhenti merokok karena sudah menderita suatu penyakit tertentu). Untuk itu sebelum ada vonis dari doker atau sebelum ada penyakit tertentu (misalnya saja kanker paru paru, jantung dll), alangkah baiknya berhenti selagi sehat. Cara yang sederhana dan simple untuk mengatasi bagi perokok berat ini adalah kurangilah porsi rokoknya setiap hari, misalnya dalam bulan ini ada niat dan tekad bahwa merokok hanya dilakakukan setelah makan saja. Dan hindari untuk membeli rokok yang banyak (misalnya 1 bungkus), cukup 3 batang saja dalam satu hari. Karena orang yang sudah perokok berat, selama masih ada rokok di kantongnya, keinginan untuk merokok setiap saat itu timbul dan susah untuk di stop. Pertahankan kebiasaan ini dalam 1 bulan, dan jika berhasil mempertahankan dalam 1 bulan, maka untuk bulan berikutnya usahakan menguranginya lagi, misalnya merokok hanya dilakukan setelah makan siang saja (artinya dalam 1 hari cuma 1 batang) dan jika kebiasaan ini bisa dilakukan dan bisa dipertahankan selama 1 bulan, maka bulan ke 3 usahakan berhenti sama sekali.

  • Tukar Dengan Permen

Perlu pembaca budiman ketahui, bahwa perokok berat memang sangat sulit untuk berhenti. Nah ada suatu strategi yang sederhana dan jitu yang bisa diterapkan yaitu dengan cara mengalihkannya dengan menghisap permen. Sediakan beberapa permen dikantong kita dan ketika timbul rasa ingin untuk merokok tersebut, maka ketika itu juga hisaplah permen tersebut. Dan kami yakin, keinginan untuk merokok tersebut secara perlahan lahan akan hilang dengan sendirinya, dan jika ini bisa dipertahankan dalam 1 bulan, maka bulan berikutnya kebiasaan merokok tersebut bisa dihentikan secara total. Dan cara ini bisa dikombinasikan dengan cara yang pertama di atas.

  • Sayangi orang yang ada di sekitar kita

Menurut penelitian dokter bahaya orang yang tidak merokok, tetapi lagi berada disamping orang yang merokok dan menghirup asap rokok (yang mana orang ini disebut perokok pasif), maka bahayanya bisa 3 lipat dibandingkan dengan orang yang sedang merokok tersebut. Nah jika ini dilakukan dekat istri kita, anak kita, saudara kita, atau teman kita, tentu saja akan membahayakan mereka. Bangkitkan rasa iba dan kasihan sama mereka jika kita merokok disamping mereka. Jika persaan ini sudah timbul, maka kami yakin kebisaan merokok tersebut bisa dihentikan karena ada niat baik yang timbul dari dalam diri si perokok itu sendiri dan secara otomatis dia juga akan iba dan kasihan dengan kesehatan dirinya sendiri akibat dari rokok yang dia hisap tersebut. Dan jika sudah sampai tahap ini, kami yakin, kebiasaan merokok bisa dihentikan secara total.

Semoga saja tip diatas bisa bermanfaat bagi pembaca yang budiman. Salam sehat selalu buat semuanya.

 

Referensi:

http://www.akuinginsukses.com

http://sehatsatu.com

http://www.masbroo.com

http://inkesehatan.blogspot.com