You Are Here : Home News Candi Prambanan Yang Menawan

Candi Prambanan Yang Menawan

Nah sekarang para pengunjung JACKHORSE.COM kami ajak ke Candi Prambanan. Kemarin kami menceritakan Candi Borobudur yang merupakan Candi Budha yang terbesar di dunia. Lalu pasti pembaca yang budiman penasaran, apa pula keunikannya candi ini?. Candi Prambanan ini adalah Candi peninggalan nenek moyang kita yang beragama Hindu. Candi ini adalah Candi Hindu yang terbesar di Indonesia dan terindah di Asia. Candi ini dibangun pertama kali pada abad 850 Masehi. Candi ini terletak di Kecamatan Prambanan, tidak jauh dari Kota Jogyakarta (hanya sekitar 17 km arah Timur Laut dari pusat Kota Jogyakarta dan 50 km arah Barat Daya dari Kota Surakarta), persisnya dekat perbatasan antara Jawa Tengah dengan Jogyakarta.

Candi Prambanan

Dari kejauhan candi ini sangat megah sekali, menjulang tinggi ke atas langit, sangat berbeda sekali dibandingkan dengan Candi Borobudur. Pada komplek Candi Prambanan ini terdapat beberapa candi yang besar atau yang kecil. Kalau dari gerbang utama (adanya di arah timur), candi yang paling besar yang menjulang tinggi tersebut dinamakan Candi Siwa yang berada di tengah tengah komplek, sedangkan disamping adalah Candi Wisnu dan Candi Brahma (ke 3 candi ini disebut 3 Candi Trimurti). Lalu berikutnya terdapat 3 buah candi yang juga ukurannya cukup besar yang berada dibelakang Candi Trimurti ini disebut barisan Candi Wahana (Candi Nandi, Candi Garuda dan Candi Angsa). Dan berikutnya lagi ada 2 buah candi yang berada antara barisan Candi Trimurti dan barisan Candi Wahana, yang disebut Candi Apit. Dan ada lagi 4 buah candi yang berada disamping pintu masuk zona inti yang disebut dengan Candi Kelir. Lalu yang terakhir 4 buah candi yang ada dipojok zona inti disebut dengan Candi Patok. Jadi total semua candi yang berada pada zona inti adalah 16 buah candi (8 candi utama dan 8 candi kecil). Sedangkan pada zona tengah (zona yang mana yang mengelilingi zona inti) terdapat banyak candi kecil yang totalnya ada sekitar 240 candi kecil yang disebut dengan Candi Perwara, namun sampai saat ini hanya 2 buah Candi Perwara yang sudah dipugar sedangkan yang lainnya berbentuk onggokan batu saja (mungkin rusak karena bencana alam, gunung berapi yang meletus pada zaman dahulu). Di sekitar tiga candi utama (Candi Siwa, Candi Brahma dan Candi Wisnu) terdapat Relief yang sangat indah sekali. Relief (ukiran) ini dibaca dari kanan ke kiri dengan gerakan searah jarum jam mengitari candi. Releif ini menceritakan cerita Rahmayana, bagamaina Shinta (istri Rahma) diculik oleh Rahwana dan selanjutnya bagaimana kera (hanuman) membantu Rama untuk mencari Shinta. Kisah ini juga rutin di pentaskan setiap bulan purnama di panggung Trimurti (di depan Candi Prambanan)dalam bentuk pergelaran wayang orang Jawa. Tentu saja bagi pembaca yang ingin menyaksikan acara pestas ini, sebaiknya datang di malam bulan purnama.

Candi Prambanan

Banyak travel travel agen yang berada di Jogyakarta yang menawarkan untuk berwisata ke Candi Prambanan ini yang mana satu paket dengan Candi Borobudur, tentu saja biayanya sedikit lebih mahal (tetapi lebih nyaman dan ada pemandunya lagi). Namun bagi para pengunjung website yang ingin biaya lebih murah, bisa saja berangkat sendiri (tanpa melalui travel agen), misalnya saja kalau dari Jakarta, bisa menggunakan bus umum, pesawat atau kereta api. Sesampainya di Kota Jogyakarta, bisa menggunakan Bus TransJogya dan turun di Halte Prambanan. Dari halte ini bisa jalan kaki menuju komplek Candi Prambanan. Soal penginapan tentu saja sangat banyak sekali, baik disekitar candi mapun di Kota Jogyakarta sendiri. Dan begitu juga dengan kulinernya, para wisatawan bisa menikmati kuliner masakan khas Jogyakarta di sekitar candi tersebut. Semoga info ini bermanfaat, selamat weekend buat semuanya.

 

Referensi:

https://jefrihutagalung.wordpress.com

https://wikipedia.org