You Are Here : Home News Tour de Singkarak Yang Ditunggu

Tour de Singkarak Yang Ditunggu

Nama Tour de Singkarak ini diambil dari nama sebuah danau yang ada di Sumatera Barat, yaitu Danau Singkarak. Tour de Singakarak yang disingkat dengan TdS awalnya dimulai tahun 2009 yang tujuan utamanya adalah menyelenggarakan event perlombaan balab sepeda kelas International sambil mempromosikan ke dunia International tempat tempat wisata yang ada di Sumatera Barat. Yang mana pada waktu itu star nya dari Kota Padang dan Finish nya di Danau Singkarak. Karena dampak positif bagus sekali bagi parawisata bangsa kita khususnya Sumatera Barat, maka ajang perlombaan ini diadakan setiap tahun dan tahun ini akan diadakan pada tanggal 3 s/d 11 Oktber 2015. Mungkin sebagian dari pengunjung JACKHORSE.COM sudah tahu betul dari Tour de Singkarak ini apalagi yang hobinya balap sepeda, tapi sebagian yang lainnya mungkin belum. Nah pada kesempatan ini kami menjelaskan apa sih keistimewaan dari Tour de Singakarak ini?.

Tour de Singkarak

Keistimewaan utama dari Tour de Singkarak ini adalah merupakan perlombaan balap sepeda sangat bergengsi yang resmi dari persatuan Balap Sepeda International (Union Cycliste International) yang diselenggarakan setiap tahun di Sumatera Barat. Kejuaraan ini telah menjalin kerjasama dengan Amaury Sport Organisation yang menjadi penyelenggara Tour de France di Perancis. Tentu saja dukungan dan kerjasama yang diberikan oleh dunia International tidak hanya sekedar event ini besar, tetapi juga melihat potensi dan keindahan parawisata Sumatera Barat yang masih alami/bagus dan didukung oleh infrastruktur yang memadai. Buktinya TdS sangat disenangi oleh pembalap pembalap sepeda propesional dunia dan setiap tahun para pesertanya terus meningkat. Pada tahun 2014 para peserta lombanya berasal dari 23 negara dan pada tahun ini diperkirakan para pesertanya lebih banyak lagi. Kalau dilihat dari jumlah penontonnya, standar penyelenggaraannya dan kualitas kompetisinya, Tour de Singkarak ini mungkin bisa jadi merupakan event peringkat ke 5 setelah Tour de France (Perancis) peringkat pertama, Gori A Italia (Itali) peringkat ke 2, Vuelta A Espana (Spanyol) peringkat ke 3 dan Santos Tour Down Under peringkat ke 4. 

Tour de Singkarak

Keistimewaan lain dari Tour de Singkarak ini adalah rute yang dilalui adalah titik titik parawisata yang sangat bagus di Sumatra Barat, diantaranya adalah Danau Singakarak, Danau Maninjau, Danau Atas, Danau Bawah, Lembah Anai, Lembah Harau, Kelok 44 dll. Rute yang dilewati jalannya sangat mulus dan bagus, namun tantangan yang dihadapi luar biasa sulitnya, karena berbelok-belok, mendaki dan menurun. Disini semua peserta diuji kemampuan dan nyalinya melewati medannya yang sulit, persaingan sangat kompotitif sekali serta setiap tahun tantangan semakin meningkat (baik dari jumlah pesertanya, jarak tempuhnya dan total hadiahnya). Pada tahun 2014 total hadiah Rp 1.3 Milyar dengan 9 etape (stage) jarak tempuh 1.250 km yang melewati 18 Kabupaten/Kota. Sedangkan pada tahun 2015 ini total hadiahnya Rp 1.4 Milyar dengan 9 etape (stage) dan jarak tempuh sekitar 1.300 km yang melewati 18 Kabupaten/Kota . Pada awalnya (tahun 2009) cuma 4 etape dengan jarak tempuh 459 km yang melewati 4 Kabupaten/Kota dan jumlah peserta waktu itu 100 pembalap dari 15 negara.

Mungkin sebagian dari pembaca penasaran untuk menyaksikan ajang bergengsi ini melihat para peserta lomba yang merupakan pembalap pembalap tangguh dari berbagai negara berlomba pada medan yang sulit dengan menempuh jarak 1.300 km. Jika pembaca budiman penasaran, silakan datang pada bulan Oktober nanti (tepat tgl 3-11 Oktober 2015) sambil menikmati pemadangan alam Sumatera Barat. Salam sukses buat semuanya. 

 

Referensi:

https://wikipedia.org

https://tourdesingkarak.wordpress.com

http://www.tourdesingkarak.com

http://www.tourdesingkarak.com

http://m.covesia.com

http://olahraga.metrotvnews.com

http://www.republika.co.id

http://www.indonesia.travel

http://www.tribunnews.com

https://id.wikipedia.org