You Are Here : Home News Berwisata Ke Danau Toba

Berwisata Ke Danau Toba

Yang nama berwisata, tentu saja perlu adanya variasi dan mengunjungi tempat tempat baru yang sebelumnya belum pernah dikunjungi. Sekarang para pengunjung JACKHORSE.COM kami ajak berwisata ke Danau Toba. Dimana danau ini adalah sebuah danau vulkanik yang berada di Propisisi Sumatera Utara yang panjangnya 100 km dan lebarnya 30 km. Keistimewaan dari danau ini adalah merupakan danau yang terluas di Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik yang bernama Pulau Samosir. Ada cerita yang sangat menarik asal mula terbentuknya danau ini, yang sebagian dari kita mungkin tidak mengetahuinya sama sekali.

Danau Toba

Menurut para ahli, bahwa terbentuknya danau ini sungguh menyayat hati kita kalau seandainya kita hidup di zaman tersebut. Dimana danau ini berawal dari letusan supervolcano puluhan ribu tahun yang lalu. Akibat dari letusan yang super dahsyat tersebut diperkirakan hampir 60% species yang ada di bumi ini musnah. Tentu saja tidak bisa kita bayangkan, begitu hebatnya letusannya sehingga menghabiskan species bumi begitu banyak (kita saja yang sakarang ini sering melihat di media TV beberapa letusan kecil dari gunung berapi yang ada negeri ini yang efeknya tidak seperti itu sudah ngeri melihatnya).Setelah letusan tersebut, terbentuklah kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi sebuah danau yang dikenal sebagai Danau Toba. Sedangkan Pulau Samosir yang ada ditengah tengah danau tersebut adalah merupakan tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar. Selain danau ini merupakan yang terluas di Asia Tenggara, danau ini juga merupakan danau yang terdalam di dunia (dimana kedalamannya sekitar 450 meter). Banyak sekali species ikan yang ada di danau ini, tetapi yang paling istimewa yaitu ada beberapa ikan Mas Raksasa yang hidup di dalam danua ini yang beratnya bisa mencapai 30 kg. Jika kita pergi berwisata ke danau ini, kita bisa memancing baik dipinggir danau atau memancing di atas perahu sewaan yang sudah disediakan sambil menikmati indahnya pemandangan disekitar danau. 

Tari Sigael Gale

Di Pulau Samosir yang berada di tengah danau ini, kita bisa melakukan wisata alam dan wisata budaya. Kita bisa menonton Tari Sigale-Gale yang merupakan tari tradisional Batak yang ada pada Kampung Tua. Tari Sigale gale ini menceritakan kerinduan seorang raja yang kehilangan anaknya. Kita juga bisa berkeliling Pulau Samosir ini naik motor sewaan yang sudah terdia sambil menikmati keindahan alam dari tepi pulau ini. Di Desa Parbaba ada sebuah pantai yang uniksekali (ini bukan pantai pinggir laut, tetapi pinggir danau), yang bernama pantai pasir putih (disebut pantai pasir putih karena pasirnya berwarna putih), kita bisa bermain dan juga bisa berenang di tepi pantai. Di pulau ini juga terdapat penginapan dengan fasilitas yang sangat bagus sekali sambil melihat pemandangan yang indah ke arah danau. Bagaimana dengan kulinernya di Danau Toba ini?. Kuliner di sekitar danau sangat banyak dan bervariasi, kita bisa menikmati kuliner khas Batak, Malayu atau Padang seperti soto ayam, lontong sayur dan jika disantap dengan bihun, ikan teri medan, serta dilengkapi dengan telur dadar rasanya sangat mak nyus. Kalau di Padang ada yang namaya keripik balado dari singkong yang rasanya pedas manis dan terkenal dimana mana, dan disini ada keripik kentang yang rasanya juga pedas manis dan sangat gurih, yang bisa dijadikan cemilan atau disantap bersama rendang daging sapi, sayur gulai, ayam goreng atau kare kambing. Sambil menikmati pemandangan di tepi danau, kita juga bisa memanjakan lidah kita sambil minum teh telur, kopi susu, teh susu, atau jus terong belanda, yang rasanya sangat nikmat sekali. Selamat mencoba berwisata ke Danau Toba para pengunjung yang budiman.

 

Referensi:

 

http://www.indonesia.travel

https://id.wikipedia.org

http://hoteldanautoba.com

http://anekatempatwisata.com

https://bupatitaput.wordpress.com

https://bupatitaput.wordpress.com