You Are Here : Home News Danau Singkarak Yang Tak Terlupakan

Danau Singkarak Yang Tak Terlupakan

Sekarang pembaca budiman kami ajak ke Danau Singkarak. Sebelumnya kami sudah menjelaskan panjang lebar tentang keistimewaan Danau Toba, lalu sekarang kami akan memaparkan lebih rinci lagi keistimewaan Danau Singkarak ini. Mungkin sebagian pembaca sudah tahu, tetapi bisa saja sebagian yang lainnya belum sama sekali. Danau Singkarak adalah merupakan danau yang terluas kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba. Yang mana luasnya sekitar 1000 hektar (107.8 m2) dengan kedalaman sampai 268 meter yang sebelumnya kami juga sudah jelaskan secuil tetang danau ini. Dimana danau ini terletak di Propinsi Sumatera Barat, dan persisnya berada di Kabupaten Solok dan Tanah Datar. Karena keindahan dari danau ini, lomba balap sepeda International yang diadakan setiap tahunnya (mulai dari tahun 2009) diberi nama sesuai dengan nama dari danau ini yaitu "Tour de Singkarak".

Danau Singakarak

Nah saudara, jika sudah membaca artikel tentang Danau Toba, dimana danau tersebut adalah danau vulkanik, sedangkan Danau Singkarak ini digolongkan pada danau tektonik. Ukuran dari danau ini bisa berubah ubah, mengikuti pergeseran lepeng. Menurut para ahli, dahulu panjang danau ini cuma 3 km, lalu kemudian bertambah menjadi 8 km dan 13 km (sekarang sudah mencapai 23 km), dan kemungkinan akan terus bertambah. Species ikan yang hidup di dalam danau ini sangat banyak, tetapi yang paling unik adalah ikan bili, yang mana ikan ini ukurannya tidak terlalu besar (panjangnya bisa mencapai 6 -12 cm) yang sangat enak sekali kalau digoreng dan dikasih cabe. Keunikan ikan ini adalah tidak bisa hidup di air tawar lainnya selain di danau ini. Banyak orang telah membibitkan ikan ini, bahkan dimasukan ke aquarium, tetapi tetap saja mati (tidak bisa hidup lama). Ikan ini merupakan salah satu sumber mata percaharian masyarakat sekitar danau ini. Bagi saudara yang berkunjung dan berwisata ke tempat ini banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan, terutama sekali naik sampan/perahu yang sudah disediakan dipinggir danau. Selain itu saudara juga bisa memancing baik di pinggir atau ditengahnya dengan menggunakan perahu. Ikan yang bisa dipancing di danau ini sangat banyak sekali diantaranya adalah ikan asang, baung, asang, ikan sasau (ikan yang beratnya bisa mencapai 8 kg). Selain itu saudara juga melakukan aktifitas olah raga seperti jalan santai, jogging, senam (yang tempatnya sudah disediakan, sport tourism), atau melakukan olah raga air seperti dayung dan berenang. Dan bagi yang suka tantangan yang memacu adrenalin, tersedia juga olah raga udara seperti paragliding, terjun bebas, paralayang yang melayang layang di udara sambil menikmati pemandangan yang indah di sekitar danau dari udara. 

Danau Singkarak

Jika sendainya saudara pengin memanjakan dirinya dengan kuliner, sangat banyak sekali tempat kuliner di sekitar pinggir danau ini. Restoran disekitar sini menyajikan masakan ikan bili (seperti goreng bili, rendang bili dan sale bili). Sambil istirahat, saudara bisa menyantap ikan bili dengan menu lainya seperti rendang daging sapi, gule ayam, goreng udang atau pangek yang rasanya sangat enak sekali. Disamping itu saudara juga bisa menikmati sajian lainnya seperti soto padang, soup daging sapi, lontong sayur, sate padang bersama dengan aneka jus nya. Jika dipagi hari, saudara bisa menikmati minuman yang sangat lezat sekali yang kas Sumatera Barat yaitu “Teh Talua” (yang mana minuman ini terbuat dari telur ayam kampung dan dicampur/dikocok dengan teh panas dan dikasih gula), dan minuman lainnya seperti kopi atau teh hangat sambil menikmati pemandangan yang indah disekitar danau. Jika saudara ingin membawa oleh oleh kas Sumatera Barat seperti kerupuk balado, kerupuk sanjai, korak kaliang, galamai, dan masih banyak yang lainnya, juga tersedia di tempat ini. Pesan kami, jika berkunjung ke Sumatera Barat singgahlah ke Danau Singkarak, pasti sangat mengasikan sekali. Salam hangat selalu.

 

Referensi:

https://wikipedia.org

http://anekatempatwisata.com

http://ceritarakyatnusantara.com

http://tops-7.blogspot.co.id

http://www.pelangiholiday.com

http://www.harianhaluan.com