You Are Here : Home News Museum Tsunami Aceh Yang Mengagumkan

Museum Tsunami Aceh Yang Mengagumkan

Kali ini pengunjung website JACKHORSE.COM yang tercinta kami ajak ke berwisata ke Museum Tsunami Aceh. Tentu kita semua bahkan di seluruh dunia tahu bagaimana dahsyatnya bencana yang disebabkan oleh tsunami ini. Dimana ratusan ribu orang meninggal akibat bencana yang menimpa propinsi ini pada tahun 2004. Untuk mengenang peristiwa yang memilukan tersebut, maka BRR NAD-NIAS membuat sebuah museum yang bernama "Museum Tsunami Aceh". Selain itu juga sebagai tempat perlindungan bagi masyarakat sekitarnya jika seandainya terjadi bencanya Tsunami lagi. Dan bagi kita sebagai pengunjung akan memberikan wawasan bagaimana dahsyatnya bencana tersebut dan juga sekaligus memberikan pengetahuan bagaimana caranya untuk menyelamatkan diri dari bencana tsunami.

Museum-Tsunami-Aceh

Museum ini merupakan museum tsunami yang tersebesar di Asia Tenggara yang letaknya tidak jauh dari monumen pesawat RI 001 yang terletak di lapangan Blangpadang Banda Aceh. Museum ini terdiri dari 4 lantai yang luasnya sekitar 2.500 m2 yang dinding lengkungnya ditutupi relief geometris. Didalamnya dirancang sedemikian rupa sehingga susananya persis mengingatkan kita kepada peristiwa tsunami tersebut. Atapnya didisain seperti gelombang laut dan lantainya mirip rumah panggung tradisional Aceh. Kalau dilihat dari atas, musem ini merefleksikan gelombang tsunami dan jika dilihat dari samping seperti kapal. Desain musuem ini adalah merupakan hasil rancangan seorang dosen ITB yang bernama Ridwan Kamil. Biaya atau dana yang dihabiskan untuk membangun museum ini diperkirakan mencapai Rp 240 milyar. Museum ini diresmikan oleh Presidien kita waktu itu yaitu Bpk SUsilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 27 Februari 2009 dan resmi dibuka untuk umum pada tanggal 8 Mei 2009.

Museum Tsunami Aceh1

Kalau kita berkunjung dan berwisata ke Aceh, tempat ini adalah tempat yang wajib disinggahi oleh para wisatawan, karena tempat ini memang dibangun sedemikian rupa sehingga membawa serta mengingatkan kita kepada peristiwa tsunami yang terjadi tahun 2004 duhulu. Sebagi contoh saja , pintu utama untuk masuk ke museum tersebut berupa lorong yang sempit yang panjangnya sekitar 30 meter dengan tinggi 40 meter yang sangat gelap sekali. Di dinding lorong ini ada air yang mengalir seperti air terjun yang memberikan efek seperti gelombang tsunami. Jika para pengunjung yang takut kegelepan dan fobiaya dengan air, maka disarankan tidak masuk lorong ini karena memang suasananya diciptakan sedemikian rupa seperti suasana tsumi benaran. Setelah melewati lorongan ini, para pengunjung akan menyaksikan podium podium yang memaparkan foto foto yang meluluh lantakkan daerah Aceh pada saat tsumai tersebut. Setelah itu kita dibawa lagi ke lorong yang sempit yang disebelah kirinya terdapat sebuah pintu untuk masuk ke ruangan yang berbentuk kerucut yang disebut dengan Sumur Doa (yang mana dalam ruangan ini terpampang ribuan nama korban baik yang meninggal maupun yang selamat). Keluar dari ruangan kerucut tersebut, kita diajak mengitarinya dan ini melambangkan bahwa korban yang selamat berjuang keluar dari pusaran air laut dan diujungnya terdapat ruangan yang terang dan luas (di atas terdapat atap yang tembus pandang seperti kapal dan di bawahnya terdapat sebuah jembatan yang menyimbulkan harapan hidup warga Aceh). Lalu yang terakhir masuk keruangan teater yang tanpa dinding dan dikelilingi kolam ikan. Pada bagian ini diputarkan film yang membawa kita kepada peristiwa tsumai tersebut dan disini kita diajak merenung dan berfikir betapa perih dan memilikukannya waktu benca tersebut datang melanda tanah Aceh. Sebagian kita bisa meneteskan air mata, karena dari awal masuk museum sampai ke ruangan ini seolah olah kita diajak menyaksikan dan mengalami sendiri terjadinya tsumai tersebut. Tentu saja masih banyak bagian bagian lain yang menarik yang belum dipaparkan pada pengunjung website ini, untuk lebih lengkapnya silakan kunjungi sendiri museum tersebut. Salam Sukses Selalu.

 

Referensi:

http://helloacehku.com

https://wikipedia.org

http://www.kompasiana.com

http://news.metrotvnews.com

http://www.mongabay.co.id

http://travelmulu.com