You Are Here : Home News Wisata Ke Kebun Binatang Ragunan

Wisata Ke Kebun Binatang Ragunan

Waktu libur, Kebun Binatang Ragunan ini menjadi tempat yang favorit bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk berlibur menghilangkan kejenuhan dengan rutinitas setiap hari. Malahan tempat ini juga menjadi primadona bagi masyarakat nusantara yang berkunjung ke Jakarta. Lokasi kebun binatang ini sangat mudah sekali di akses baik menggunakan kedaraan umum maupun pribadi karena letaknya tidak jauh dari Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Awalnya kebun binatang ini didirikan pada tahun 1864 pada zaman penjajahan Belanda dengan nama "Planten En Dierentuin" yang pada waktu itu terletak di daerah Cikini dengan luas seiktar 10 hektar. Pada tahun 1964 kebun binatang ini dipindahkan ke daerah Ragunan (Pasar Minggu) dan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Bpk Ali Sadikin pada tanggal 22 Juni 1966.

JerapahKebun binatang ini merupakan kebun bintang yang paling besar di Indonesia dengan luas sekitar 140 hektar. Di dalamnya terdapat berbagai jenis satwa langka yang sudah hampir punah yang bisa disaksikan oleh para pengunjung yang berwisata ke kebun binatang ini. Diperkirakan jumlah hewan yang terdapat didalam kebun binatang tersebut bisa mencapai 295 species lebih. Disamping itu di dalam kebun binatang ini tidak hanya hewan saja, tetapi juga terdapat berbagai macam tumbuhan yang kecil mapun yang besar yang tumbuh dengan suburnya. Dimana jumlah tumbuhan tersebut bisa mencapai ribuan (diperkirakan 40 ribuan lebih), sehingga bagi pengunjung yang berkunjung tidak akan merasakan panas teriknya cahaya matahari pada saat musim kemarau karena dilindungi oleh pepohonan yang rindang tersebut. Selain melihat flora dan founa yang hidup didalamnya, para pengunjung juga bisa melakukan wisata hiburan lainnya yang tidak kalah menariknya. Wisata hiburan ini berbayar (tetapi tidak mahal), diantaranya adalah: 

  • Menunggang gajah
  • Menunggang unta
  • Menunggang kuda
  • Naik bendi
  • Naik sepeda angsa di kolam buatan
  • Menonton pertujukan akrobat hewan
  • Naik sepeda berkeliling kebun binatang.
  • Dll


pusat primataKebun binatang ini juga menyediakan fasilitas khusus untuk hiburan anak anak, sehingga bagi mereka yang membawa anak anaknya dapat menikmatiti fasilitas hiburan anak anak tersebut. Selain fasilitas hiburan yang ada di kebun binatang ini, juga terdapat fasilitas umum seperti toilet, musholla, restoran dll. Jika para pengunjung ingin bersantai bersama keluarga sambil gelar tikar, sudah disediakan tempat khusus untuk lesehan sambil gelar tikar. Perlu juga para pembaca budiman ketahui di kebun bintanatang ini juga ada tempat khusus untuk pelestarian primata tersebesar di dunia yang lokasinya disebut dengan "Pusat Primata Schmutzer".  Untuk masuk ke daerah ini berbayar (tetapi tidak mahal). Jam kunjung kebun binatang ini dari jam 7.30 s/d 16.00 WIB. Tetapi untuk liburan khusus (peak season), seperti hari raya lebaran, hari natal atau tahun baru, kebun bintang ini buka mulai dari jam 7.00 s/d 17.00 WIB. Diperkirakanpara pengunjung yang berkunjung pada peak season ini bisa mencapai 25 sampai 30 ribuan lebih. Jika penasaran, silakan buktikan sendiri bagi pembaca. Karena kebun bintang ini sangat luas dan ratusan spesies hewan serta ribuan tanaman yang bisa disaksikan, maka saran kami kepada pembaca yang budiman jika ingin berkunjung ke kebun binatang ini maka sediakan waktu 1 hari penuh (mulai dari pagi sampai sorenya) supaya dapat melihat semua species yang ada dan hidup didalamnya.  

 

Referensi:

https://wikipedia.org

http://www.saranwisata.com

http://kotawisataindonesia.com

http://xykids.kidnesia.com

http://metro.tempo.co

http://hargatiketmasuk.com