You Are Here : Home News Melihat Hewan Di Habitat Alam Bebas Taman Safari Bogor

Melihat Hewan Di Habitat Alam Bebas Taman Safari Bogor

Lain lagi halnya dengan Taman Safari Bogor jika dibandingkan dengan Kebun Binatang Ragunan. Taman Safari Bogor adalah merupakan kebun binatang yang modern dan sekaligus sebagai pusat konservasi berbagai macam flora dan fauna. Kalau di Kebun Binatang Ragunan, para pengunjung hanya bisa melihat hewan yang di tempatkan dikandangnya masing masing, tetapi kalau disini para pengunjung dapat melihat langsung dan berinteraksi langsung dengan hewan hewan peliharaan layaknya seperti di habitat aslinya seperti memberi makan hewan hewan tersebut dengan sayur sayuran (wortel). Para pengunjung juga dapat melihat hewan hewan liar atau buas seperti harimau, singa, beruang dll dari atas mobil atau bus. Kenapa dari atas mobil atau bus, karena hewan tersebut babas begitu saja di habitatnya. Selain melihat hewan di siang hari, para pengunjung juga bisa melihat kehidupan hewan hewan termasuk hewan buas tersebut di malam hari (Safari Night).

gajahTaman safari ini didirikan pada tahun 1980 di sebuah kebun teh yang sudah tidak produktif lagi yang luasnya 50 hektar degan nama Radio Safari Garden dan sekarang luasnya mencapai 168 hektar. Lokasi dari Taman Safari Bogor ini terletak di kawasan Puncak atau tepatnya di Desa Cibereum Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor Jawa Barat. Bpk Soesillo Soedarman sebagai Mentri Parawisata Pos dan Telekomunikasi pada waktu itu menetapkan Taman Safari sebagai Objek Wisata Nasional, dan tanggal 16 Maret 1990 Mentri Kehutanan meresmikan Taman Safari ini sebagai pusat penangkaran satwa langka di Indonesia. Sampai saat ini koleksi hewan yang hidup di seluruh dunia yang ada di Taman Safari mencapai 2.500 dan termasuk juga dengan satwa langka seperti singa, orang hutan, gajah, anoa, komodo, harimau, singa benggala dan lain sebagainya. Karena bagusnya tata kelola dan perawatan terhadap flora dan founa yang ada di dalamnya, maka banyak sekali penghargaan yang diraih oleh Taman Safari baik secara Nasional maupun International sebagi tempat wisata alam flora dan founa. 

harimauSelain melihat hewan hewan, para pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lainya seperti hiking untuk melihat keindahan air terjun dan berenang di waterboom yang airnya sangat dingin sekali. Selain itu para mengunjung juga bisa menonton antraksi buaya dan ular yang buas, antraksi lumba lumba, antraksi gajah, antraksi rodeo yang lucu dan antraksi fire dace (tarian yang menggunakan api). Bagi mereka yang tidak takut ketinggian, juga tersedia kereta gantung untuk melihat keindahan Taman Safari ini beserta hewan yang hidup di dalamnya seperti satwa gajah maupun unta dari atas. Para pembaca yang budiman yang baik, masih banyak lagi hiburan lainnya yang bisa di nikmati di taman safari Bogor ini. Jika penasaran bagi pembaca yang belum pernah berwisata ke sini, silakan datang langung agar tahu betapa indah dan senangnya berwisata bersama keluarga yang berwawasan linkungan dan berorentasikan pada habitat satwa di alam bebas. 

 

Referensi:

http://www.indonesia.travel

https://wikipedia.org

http://id.indonesia.travel

http://www.tripadvisor.com