You Are Here : Home News Amazing Wahana Dunia Fantasi Ancol

Amazing Wahana Dunia Fantasi Ancol

Dunia Fantasi atau disingkat dengan dengan Dufan adalah merupakan tempat hiburan yang terletak di komplek Taman Impian Jaya Ancol Jakarta Utara yang diresmikan pada tanggal 29 Agustus 1985. Maskot dari Dufan ini adalah berupa kera bekantan yang mengingatkan bahwa Ancol dulu adalah merupakan kawasan kera. Kera bekantan ini adalah merupakan satwa langka yang saat ini dilindungi. Nah, para pembaca yang budiman, mau tau apa saja keistimewaan berwisata ke Dufan ini? Dimana di Dufan ini sangat banyak sekali wahana hiburan yang dibagi berdasarkan kawasan seperti kawasan Jakarta zaman dahulu, Indonesia, Kalila, Eropa, Amerika, Asia, Fantasi Yunani, Fantasi Hikayat, Balara dan Istabon. Jika kita masuk ke dalam masing masing kawasan ini, kita  akan diajak berimajinasi dan bermain sesuai dengan nama masing masing kawasan tersebut. Setiap kawasan tersebut memiliki berbagai macam wahana hiburan yang sangat menarik dan memacu adrenalin kita.

tornadoPada kesempatan ini, kami akan memaparkan wahana hiburan pada kawasan Jakarta, Eropa, Amerika dan Indonesia . Di kawasan Jakarta akan mengingatkan kita pada Jakarta zaman tempo dulu, yang mana kita dapat menikmati hiburan komedi putar yang disebut dengan Turangga Rangga yang berputar putar sambil diiringi musik.  Sedangkan pada kawasan Eropa yang memiliki wahana hiburan yang lebih banyak dan lebih menarik lagi seperti Beng Beng (yang disebut juga dengan Bom Bom Car), Kicir Kicir (berupa kincir raksasa yang berputar 360 derajat yang didatangkan dari Itali), Hysteria dan Panggung Maksima. Wahana Hysteria adalah berupa menara yang tingginya 56 meter yang didatangkan dari Amerika Serikat, yang mana kita dapat merasakan tantangan yang luar biasa ketika ditembakan ke atas dengan kecepatan tinggi  dan dijatuhkan ke bawah dengan kapasitas  minus 1 G. Sedangkan di wahana Panggung Maksima adalah berupa panggung pertunjukan yang menghadirkan musisi, kareografer, dramawan yang terkenal  di Indonesia. Lalu kawasan Indonesia memiliki dua wahana hiburan yang eksotis yaitu wahana Alap Alap dan Tornado.  Wahana Alap Alap adalah berupa kereta luncur yang meliuk liuk dengan kecepatan tinggi disela sela pohon. Wahana ini didatangkan dari Jerman dan mulai beroperasi tahun 1988. Selanjutnya Tornado, yang diresmikan oleh Gubernur Jakarta waktu itu Sutiyoso 10 Juni 2007, adalah wahana hiburan yang sangat memacu adrenalin diantara semua permaian yang ada di dufan. Kita dibawa ke atas dan dijungkir balikan dan saat diturunkan juga dijungkir balikan.

niagaraSelanjuntnya kawasan Amerika berisikan permainan Lorong Sesat, Niagara, Poci Poci, Rango Rango, Tembak Jitu. Di wahana Lorong Sesat, para pengunjung akan mengelilingi dinding kaca dengan panjangnya kurang lebih 90 meter dan tantangannya adalah ketika kita sudah masuk kedalam lorong tersebut susah untuk mencari jalan keluarnya sehingga dinamakan dengan Lorong Sesat. Pada Wahana Niagara kita dapat merasakan persisnya seperti di Air Terjun Niagara, dimana kita naik perahu menusuri gua, kemudian perahu akan naik dan pada ketinggian 30 meter  perahu akan meluncur ke bawah bak air terjun. Sedangkan wahana hiburan Poci Poci adalah wahana mainan yang terdiri dari beberapa cangkir raksasa (dimana kita bisa masuk ke dalam cangkir tersebut) yang berada di atas menja raksasa. Kita dibawa berputar putar seperti putaran planet mengelilingi matahari. Kemudian di wahana Rongo Rongo, dimana kita diajak masuk ke rumah kayu yang bergaya country, ketika berada di dalamnya, maka rumah kayu tersebut miring dan bahkan akan kehilangan keseimbangannya. Dan terakhir adalah wahana Tembak Jitu, yang mana pada wahana ini kita akan diuji ketangkasannya untuk menembak 100 animatronik yang suasana dibuat seperti Wild West. Para pembaca yang budiman, kalau kita coba semua wahana hiburan yang ada di Dufan ini, tidak akan cukup waktu 1 hari untuk mecobanya, karena masih banyak wahana lainnya yang belum kami jelaskan di sini. Untuk itu kami akan memaparkannya pada kesempatan lainnya. Selamat berlibur para pembaca yang budiman.

 

Referensi:

http://www.ancol.com

https://wikipedia.org

http://lifestyle.okezone.com

http://www.kaskus.co.id