You Are Here : Home News Jalan Jalan Ke Museum Nasional RI

Jalan Jalan Ke Museum Nasional RI

Para pengunjung JACKHORSE.COM, jika kita ingin mengingat dan mengenang sejarah masa lalu, kita bisa jalan jalan ke Musem Nasional Republik Indoensia (Museum Gajah) yang banyak mengoleksi benda benda kuno dari seluruh pelosok Indonesia dan juga luar negri, yaitu arca-arca kuno, prasasti, benda-benda kuno lainnya dan barang barang kerajinan. Koleksi Museum Nasional ini berdasarkan catatan dari website Museum Nasional pada tahun 2001 sudah mencapai 109.342 buah dan pada tahun 2006 koleksinya sudah mencapi 140.000 buah. Semua koleksi tersebut dikategorikan kepada etnografi, perunggu, prasejarah, keramik, tekstil, numismatik, relik sejarah dan benda berharga. Karena saking banyaknya koleksi yang ada di museum ini, maka museum ini adalah musem yang terlengkap di Indonesia. Dan perlu juga para pembaca ketahui, museum ini juga merupakan museum yang terbesar di Asia Tenggara.

museum gajahLokasi dari musem ini adalah di Jl. Merdeka Barat No. 12 Jakarta Pusat. Berdirinya Musuem ini sangat pajang sekali cerita para pembaca yang budiman. Dimana cikal bakal musuem ini diawali pada pendudukan pemerintah Belanda di Indonesia pada tahun 1778, yang awalnya cuma sebuah rumah yang terletak di Jalan Kali Besar yang digunakan untuk tempat koleksi buku buku dan benda benda budaya. Lalu berikutnya ketika pendudukan Inggris di Indonesia tahun 1811 1816, dibangunlah gedung baru yang terletak di Jalan Majapahit No. 3. Setelah pemerintahan Inggris berakhir di Indonesia dan digantikan kembali oleh pemerintahan Belanda, maka pada tahun 1862 dibangunlah gedung baru mengingat gedung yang lama di Jalan Majapahit sudah penuh dengan koleksinya. Dan pada tahun 1868 museum ini resmi dibuka untuk umum dan sampai sekarang gedung inilah yang menjadi tempat Museum Nasional Indoensia. Lalu kenapa museum ini juga disebut Museum Gajah, nama ini melekat karena ada patung gajah berbahan perunggu yang dihadiahkan oleh Raja Thailand pada tahun 1871 yang kemudian dipasang dihalaman depan museum ini.

koleksi museum gajahGedung museum ini terdiri dari dua bagian yaitu gedung gajah dan gedung archa (patung). Gedung gajang masih mempertahan sistem pengaturan dari zaman Belanda, tetapi gedung archa merupakan gedung baru yang susunan tematiknya menyajikan semua aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Gedung archa ini tediri dari 4 tingkat, yang mana pada tingkat pertama meyajikan tema tentang manusia beserta lingkungannya, tingkat kedua bertemakan ilmiah, tingkat ketiga menyuguhkan tema organisasi dan pola pikir, dan tingkat keempat menyajikan koleksi emas dan keramik luar negri. Salah satu koleksi yang marik di mesum ini adalah patung Bhairawa, yang tingginya 414 cm. Patung ini berupa laki laki berdiri di atas mayat dan deretan tengkorak sambil memegang cangkir yang terbuat dari tengkorak di tangan kiri dan keris ditangan kanannya. Patung ini ditemukan di Padang Ronco Sumatera Barat yang diperkirakan berasal pada abad 13 -14. Para pembaca yang budiman, jika dijelaskan semua koleksi yang ada di museum ini tentu saja sangat panjang sekali. Kalau pembaca budiman penasaran dan ingin tahu lebih detilnya, silakan datang langsung. Salam hangat selalu.

Referensi:

https://wikipedia.org

http://intisari-online.com