You Are Here : Home News Kebun Raya Unmul Samarinda

Kebun Raya Unmul Samarinda

Kali ini kami akan mengajak jalan jalan ke Kota Samarinda, tepatnya ke Kebun Raya Unmul Samarida. Nama dari Kebun Raya Unmul Samarida adalah merupakan kependekan dari Kebun Raya Universitas Mulawarman Samarinda, di Propinsi Kalimantan Timur. Kebun Raya Unmul Samarinda adalah salah satu objek wisata yang favorit di Kota Samarinda. Lokasinya tidak jauh dari Kota Samarinda, hanya berjarak sekitar 20 km, dan jika menggunakan motor atau mobil, mebutuhkan waktu sekitar 20 menit. 

kebun raya unmul samarindaSejarah terbentuknya kebun raya ini, berawal dari areal HPH sebuah perusahaan (CV Kayu Mahakam milik Bpk Ali Akbar Afloes), yang pada tahun 1974 perusahaan tersebut menyerahkan sebagian hutan tersebut seluas 300 hektar kepada Rektor Universitas Mulawarman Bpk Ir. R. H. Sambas Wirakusumah M.Sc. yang pada waktu itu dijadikan sebagai hutan konservasi dan sekaligus digunakan sebagai tempat penelitian bagi mahasiswa Universitas Mulawarman Samarinda. Pada tahun 2001, Universitas Mulawarman mengadakan kerjasama dengan Pemerintah Kota Samarinda, yang mana pada kerjasama tersebut menelurkan bahwa sekitar 62 hektar dari Kebun Raya ini akan dijadikan dan dikelola sebagai tempat wisata. Dengan adanya MoU tersebut Pemda setempat membuat dan membangun berbagai tempat hiburan dan wisata yang menarik, yang bisa dinikmati baik para wisatawan lokal maupun manca negara yang berkunjung ke kebun raya ini.

kebun raya unmul samarindaFlora yang hidup dan tumbuh di kebun raya ini sangat banyak sekali khususnya tumbuh tumbuhan yang hidup di hutan tropis yang tumbuh dengan subur dan rindanganya sehingga menambah sejuk suasana di kebun raya ini walaupun cahaya matahari begitu panas dan teriknya. Bagi pengunjung yang suka dengan binatang, di sini juga ada kebun binatang yang berisikan berbagai jenis binatang seperti buaya, kancil, kuda, orang utan, elang kepala putih, monyet ekor panjang, beruang madu dll. Yang lucunya dan menariknya, di kebun raya ini orang hutan dilepas begitu saja, sehingga bisa berinteraksi langsung dengan para pengunjung, tetapi para pengunjung tidak usah takut, karena hewan tersebut sudah jinak dan bersahabat baik dengan manusia. Ada suatu tempat yang unik yang mungkin tidak bisa ditemukan di tempat lainnya yaitu jalur pijat refleksi, yang mana jalur pijat refleksi ini merupakan jalan sepanjang 25 meter yang di atas terdapat kerikil khusus dan jika kita berjalan di atasnya tanpa alas kaki bisa sebagai terapi atau pijat refleksi untuk kesehatan. Para pengunjung website JACKHORSE.COM yang budiman, Kalimatan juga terkenal dengan kayu yang sangat beragam dan mungkin sebagian tidak ada di belahan dunia lainya. Nah, untuk menambah wawasan para wisatawan yang datang kesini, juga ada Museum Kayu yang berisikan koleksi berbagai jenis kayu, sehingga para wisatawan dapat melihat langsung jenis jenis kayu. Selain yang kami sebutkan di atas, masih banyak hiburan lain yang sangat menarik di kebun raya ini seperti berenang, memacing, naik gokart, naik motor ATV, naik biang lala, naik komedi putar, naik sepeda air di danau buatan dan juga disediakan kawasan untuk berkemah (kamping).

 

Referensi:

http://www.kaltimprov.go.id

https://wikipedia.org

http://www.utiket.com

http://www.yukpegi.com

http://perwisamarinda.blogspot.co.id

http://paapaajalah.blogspot.co.id