You Are Here : Home News Kebun Raya Bogor, Tertua Di Asia Tenggara

Kebun Raya Bogor, Tertua Di Asia Tenggara

Para pengunjung JAKCHORSE.COM yang setia membaca info yang ada di website kami. Setalah kami memaparkan sedikit tentang Kebun Raya Unmul Samarinda, sekarang kami mau mengajak para pembaca wisata ke kebun Raya Bogor. Kebun Raya ini terletak di Kota Bogor, Proponsi Jawa Barat. Kalau dari Jakarta Selatan, jaraknya hanya sekitar 70 km, dan jika menggunakan kendaraan roda empat membutuhkan waktu lebih kurang 40 menit jika lewat jalan tol Jagorawi. Kebun Raya Bogor ini merupakan kebun raya yang tertua di Asia Tenggara.

aggrekAsal mula kebun Raya Bogor ini adalah merupakan bagian dari hutan buatan atau taman buatan (menanam† dan memelihara benih benih kayu yang langka) pada masa pemerintahan Sri Baduga Maharaja yang merupakan Prabu Siliwangi dari Kerajaan Sunda pada tahun 1474 - 1513. Pada tahun 18 Mei 1817 Gubernur Jendral van der Capellen secara resmi mendirikan Kebun Raya Bogor dengan nama ís Lands Plantentuin te Buitenzorg dan membangun sebuah rumah peristrahatan (istana) di sudut lahan kebun raya tersebut. Dan pada masa kepemimpinan Gubernur Jendral Thomas Stamford Raffles, istana bogor beserta halaman istana dipercantik bergaya Ingris klasik. Dan pada tanggal 30 Mei 1868, secara resmi Kebun Raya Bogor terpisah pengurusannya dengan halaman Istana Bogor. Dengan adanya Kebun Raya Bogor, mengawali perkembangan ilmu pengetahuan Indonesia terutama sekali di bidang pertanian. Dimana sampai saat ini luas dari kebun raya ini sekitar 87 hektar, dan memiliki 15.000 koleksi pohon dan tumbuhan yang hdup di dalammnya.

bunga bangkaiHarga tiket untuk masuk ke kebun raya ini tidak terlalu mahal. Di sini juga disediakan parkir untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Bagi para pengunjung yang ingin mengunakan sepeda untuk bekeliling kebun raya, harga tiketnya pun juga tidak mahal. Salah satu koleksi yang unik sekali di kebun raya ini adalah bunga bangkai (Amorphophalus Titanum). Kenapa dinamakan dengan bunga bangkai? Karena bunga ini ketika medekati mekar akan mengeluarkan bau yang sangat menyengat atau tidak enak seperti bau bangkai. Bunga ini bisa mencapai 2 m tingginya sehingga merupakan bunga majemuk yang terbesar di dunia tumbuhan. Di sini juga ada pohon kelapa sawit yang tertua di Asia Tenggara yang sampai saat ini masih hidup. Selain melihat tumbuh tumbuhan, kita juga bisa menyaksikan bermacam macam fauna yang sudah diawetkan yang ada di museum Zoologi. Salah satu fauna yang unik adalah kerangka Paus Biru yang panjang sekitar 26 meter, dan ketika hidup diperkirakan beratnya bisa mencapai 120 ton. Selain itu kita juga bisa membeli benih benih tanaman serta cendramata yang ada di Garden Shop. Lalu apa lagi yang bisa kita lihat jika kita rekreasi ke bebun raya ini, apa cuma yang disebutkan di atas? Tentu saja tidak para pembaca, masih banyak lagi tempat lain yang menarik yang bisa dilihat di kebun raya ini seperti menyaksikan Istana Bogor dari kebun raya, melihat Monumen Olivia Raffles (istri Gubernur Jendral Thomas Stamford Raffles), Tugu Peringatan Reinwardt, Komplek Makam Istri Prabu Siliwangi dan Makam Belanda Kuno. †

Referensi:

https://wikipedia.org

http://www.ragamtempatwisata.com

https://sisihidupku.wordpress.com

http://www.jayanjayan.com