You Are Here : Home News Kebun Raya Cibodas, Cabang Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Cibodas, Cabang Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Cibodas ini adalah merupakan cabang dari kebun Raya Bogor, yang didirikan pada tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann yang berlokasi di kaki Gunung Gede, Desa Cimacan, Pacet, Cianjur. Kebun raya ini dikhususkan untuk koleksi tumbuh tumbuhan tropis basah dataran tinggi. Curah hujan rata rata per tahun di daerah ini 2.380 mm dengan suhu rata rata 18 derajat Celcius, dan berada pada 1.275 meter dari permukaan laut.

pemandangan cibodasKebun raya ini memiliki luas 80 hektar, dengan koleksi tanaman sebanyak 5.831 dari 1.206 jenis ada di sini. Koleksi tanaman tersebut dibagi menjadi dua bagian, yang berada di kebun dan yang berada di rumah kaca (green house). Tanaman yang berada di kebun (outdoor), dikelompokan menjadi beberapa taman, yaitu taman sakura, taman alga (ganggang), taman paskis, taman obat dan taman rhododendron. Sedangkan yang di rumah kaca ini berisikan kaktus, angrek dan tanaman langka lainnya. Jumlah kaktus dan anggrek yang ada di rumah kaca hampir 4.000 contoh tanaman dari 350 jenis kaktus dan 360 jenis anggrek. Lokasi lain yang favorit bagi para wisatawan di kebun raya ini adalah Jalan Araucaria (Auracarua Avenue), Air Terjun Cibodas dan lokasi lanskap, kolam air mancur beserta sungai yang terdapat dibagian belakang kebun raya ini. Keindahan kebun raya cibodas sangat terkenal sekali dengan topografi lapangan yang bergelombang dan berbukit-bukit. Para wisatawan juga bisa menyewa kuda yang sudah disediakan untuk menikmati pemandangan kebun raya ini sambil berkeliling naik kuda.

kaktus cibodasDi sini juga disediakan jasa pemanduan wisata, baik bagi wisatawan domestik maupun manca negara. Harga dari jasa pemanduan ini bervariasi, tergantung pada jumlah dan asal wisatawannya. Berbagai fasilitas lain yang ada di sini, seperti parkir mobil, bus, motor, areal bermain anak anak, mushalla, MCK umum, shelter, pendopo, teater alam terbuka dan tempat berkemah yang luasnya sekitar 3 hektar (yang bisa menampung sekitar 200 tenda). Disamping Kebun Raya Cibodas ini terdapat juga Lapangan Golf, Bumi Perkemahan Mandala Kitri yang dikelola oleh Pramungka serta juga Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tidak jauh dari pintu masuk kebun raya ini terdapat juga air tenjun, yaitu air terjun Cibodas. Kebun raya ini juga merupakan pintu gerbang bagi para pendaki gunung yang ingin mendaki Gunung Gede. Bagi yang ingin berwisata kesini, lokasinya tidak begitu jauh dari Puncak. Jika dari Jakarta, jaraknya hanya sekitar 85 km, dan jika menggunakan kendaran roda empat membutuhkan waktu sekitar 95 menit perjalanan memalui jalan raya Bogor-Puncak-Cianjur.

 

Referensi:

https://wikipedia.org

http://www.cianjurkab.go.id

http://wisatacibodas.com

http://www.pegipegi.com

https://faridsancoyowidagdo.wordpress.com