You Are Here : Home News Trekking Ke Gunung Gede

Trekking Ke Gunung Gede

Gunung Gede merupakan salah satu gunung yang berada di propinsi Jawa Barat, yang tidak jauh dari darerah Cibodas. Gunung ini berada di wilayah tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Suhu di puncak Gunung Gede ini rata rata 18 derajat Celcius dan jika di malam hari 5 derajat Celcius, dengan curah hujan rata 3.600 mm per tahun. Ketinggian dari gunung ini berkisar 1000 - 3000 meter dari permukaan laut.

gunung gedeGunung ini adalah merupakan gunung berapi yang memiliki dua buah puncak (Puncak Gunung Gede dan Puncak Gunung Pangrago) dan 7 buah kawah (Baru, Gumuruh, Lanang, Leutik, Ratu, Sela dan Wadon). Pada tahun 1977 UNESCO menetapkan Gunung Gede-Pangrango sebagai cagar Biosfer. Dan pada tahun 1980 pemerintah Indonesia menetapkan kawasan Gunung Gede-Pangrango sebagai Taman Nasional dengan luas sekitar 22.851 meter persegi. Ekosistem di Gunung gede ini sangat beragam sekali, sehingga membuat para pendaki bisa menikmati pemadangan yang indah. Formasi dari ekosistem tersebut berupa hutan submontana, montana, subalpin, danau, rawa dan savana. Fauna yang ada di Gunung Gede cukup banyak misalnya kepik raksasa, sejenis kumbang, lebih dari 100 jenis mamalia seperti kijang, pelanduk, anjing hutan, macan tutul, sigung, dll, serta ratusan jenis burung (ada sekitar 251 jenis dari 450 jenis burung yang terdapat di Pulau Jawa). Kawasanan Nasional Gunung Gede-Pangrango ini juga merupakan habitat Owa Jawa dan Elang Jawa yang hampir punah dan sangat sulit sekali ditemukan di tempat lain. Objek wisata yang menjadi favorit bagi para pendaki adalah Telaga Biru, Air Terjun Ciberum, Mata Air Panas, Kandang Batu dan Kandang Badak, Puncak dan Kawah Gunung Gede, serta Alun Alun Suryakencana.

gunung-gede1Akses ke Gunung Gede ini bisa dari Jakarta dan Bandung. Jarak dari Jakarta sekitar 100 km dan jika menggunakan kedaraan roda empat melalui rute Jakarta-Bogor-Cibodas dengan waktu tempuh sekitar 2.5 jam. Kalau dari Bandung jaraknya sekitar 89 km, dan rute yang dilewati Bandung-Cipanas-Cibodas dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Saat yang tepat untuk trekking ke Gunung Gede ini pada saat musim kemarau yaitu sekitar bulan Juni sampai dengan September. Ada beberapa travel yang sudah mengemas wisata (trekking) ke Gunung Gede dilengkapi dengan guide, fasilitas (tenda) dan akomodasi (makan). Walapun begitu, ada perlengkapan lainya yang harus dibawa sendiri oleh pedangki yaitu ransel yang di dalamnya sudah dilengkapi dengan pakaian pribadi untuk cadangan, kaos kaki yang tebal, sarung tangan, sarung kepala, topi lapangan, jas hujan, sepatu dan sandal yang kuat, makanan dan minum tambahan, obat obatan pribadi dll. Pintu masuk utama ke Gunung Gede ini adalah Cibodas, Gunung Putri dan Salabintana, dan dua pintu lainya yaitu Situgunung dan Badogol.

 

Referensi:

http://www.paketwisatamurah.net

https://wikipedia.org

http://www.indotravelers.com

http://www.gedepangrango.org

http://www.tribunnews.com