You Are Here : Home News Taman Wisata Mekarsari, Taman Buah Tropika Terbesar Di Dunia

Taman Wisata Mekarsari, Taman Buah Tropika Terbesar Di Dunia

Taman Wisata Mekarsari adalah merupakan taman buah yang didirikan pada tahun 1990 atas gagasan Ibu Tien Soeharto (Ibu Negara RI pada waktu itu). Awalnya konsep dari taman ini untuk konservasi tumbuhan. Namun kemudian bertambah menjadi tempat reboisasi, edukasi dan rekreasi.

taman mekarsari1Taman ini resmi dibuka untuk publik pada tahun 1995. Luas areal taman ini sekitar 264 hektar. Lokasi taman ini di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol KM 3, Kabupaten Bogor. Dari Kota Jakarta, lokasi dari taman ini cukup mudah dijangkau. Banyak kendaraan umum yang melewati taman ini, seperti dari UKI (Cililitan) atau Kampung Rambutan. Jika menggunakan kendaraan pribadi, masuk Tol Jagorawi dan keluar pintu Tol Cibubur dan kemudian menuju arah Cileungsi. Hanya beberapa kilometer dari perempatan Cileungsi kita sudah sampai di lokasi. Di dalam taman juga sudah disediakan bus khusus bagi wisatawan yang dilengkapi dengan pemandunya, jika ingin mengelilingi taman naik bus, mengingat tempatnya begitu luas. Harga tiket untuk masuk ke taman ini relatif murah, mengingat banyak sekali objek wisata yang ada di taman ini. Waktu berkunjung ke taman ini untuk hari Sabtu, Minggu dan Hari Libur dari jam 9.00 WIB sampai dengan jam 16.30 WIB. Sedangkan untuk hari biasa (Senin sampai dengan Jumat) jam kunjungnya 10.00 WIB sampai dengan 16.30 WIB.

taman mekarsari2Taman ini merupakan salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah buahan tropika terbesar di duniaAda sekitar 1.470 varietas tanaman buah dan sekitar 100.000 pohon, termasuk di antaranya tanaman biofarmaka, tanaman sayur, tanaman hias, tanaman pangan, tanaman rempah, tanaman industri, dan tanaman pelindung. Di sini juga terdapat laboratorium untuk menyilang berbagai varietas tumbuhan. Selain sebagai tempat wisata alam dan agrowisata, taman ini juga memiliki wahana permainan untuk para pengunjung, seperti sepeda air, pemancingan, kano, aqua bike, angsa air, perahu naga dan banana boat. Wahana wisata air (Water Kingdom) yang ada pada di taman ini memiliki luas 5.2 hektar, merupakan taman permainan air yang terluas di Asia yang dapat menampung 15.000 pengunjung. Taman ini juga menyediakan kegiatan outbond baik untuk perorangan atupun perusahaan. Ada berbagai macam wahana yang disediakan untuk kegiatan outbond, seperti paintball, rumah pohon, spider web, flying fox, dan masih banyak lagi yang lainnya. Taman ini juga memiliki fasilitas penginapan, yang sudah dikemas dalam bentuk paket paket, yaitu Family Biking Camp, Family Camp, D'Cabin, dan Rumah Pohon.

 

Referensi:

http://www.mekarsari.com

http://wikipedia.org  

http://www.kompasiana.com

http://www.telusurindonesia.com

http://www.erepublik.com

http://hellobogor.com

http://hotelvilla.org