You Are Here : Home News Ke Bandung, Singgah Ke Gunung Tangkuban Perahu

Ke Bandung, Singgah Ke Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu adalah gunung berapi yang masih aktif. Lokasi gunung ini tidak jauh dari Kota Bandung, hanya berjarak sekitar 20 km. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.084 meter dari atas permukaan air laut. Tingkat suhu rata rata pada siang hari sekitar 17 derajat Celcius dan malam hari sekitar 2 derajat Celcius.

gunung tangkuban perahuDaerah wisata Gunung Tangkuban Perahu ini dikelola oleh Perum Perhutanan. Gunung ini memiliki kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Gunung ini juga memeliki beberapa kawah yaitu kawah Ratu (yang nerupakan pusat kegiatan wisata kawasan ini), Kawah Domas (yang masih aktif), Kawah Jurig, dan Kawah Upas. Menurut para ahli geologi, Gunung Tangkuban Perahu ini merupakan sisa sisa letusan gunung berapi purba yang dikenal dengan nama Gunung Sunda. Kota Bandung yang memiliki ketinggian sekitar 709 meter dari permukaan air laut, adalah merupakan bekas telaga atau danau besar yang terbentuk dari pembendungan Ci Tarum oleh letusan gunung berapi purba tersebut. Sekarang kawasan gunung ini merupakan tempat wisata favorit di Kota Bandung. Jika jalan jalan ke Kota Bandung, kalau belum singgah ke Gunung Tangkuban Perahu, maka kurang lengkap rasanya. Harga tiket untuk masuk ke kawasan wisata gunung ini tidak begitu mahal. Mobil atau motor, bisa dibawa ke dekat kawah jika pengunjung tidak begitu ramai.

kawah tangkuban perauUntuk menuju kawasan gunung ini, dari kota Bandung dapat melewati Pintu Tol Pasteur, kemudian dilanjutkan melalui Jl. Dr. Djunjunan, lalu ke Pasir Kaliliki, lanjut menuju Sukajadi, Setiabudi dan Lembang. Pintu masuk kawasan wisata ini tidak begitu jauh dari daerah Lembang. Banyak travel travel di Kota Bandung yang sudah menyediakan paket wisata ke Gunung Tangkuban Perahu yang harganya cukup murah, yang dilengkapi dengan supirnya. Di sepanjang jalan di daerah Lembang, banyak sekali tempat penginapan mulai dari kelas melati sampai yang berbintang. Sehingga para wisatawan bisa memilih tempat peristirahatan sesuai dengan selera dan budgetnya. Begitu juga dengan restoran juga sangat banyak di sini yang menyajikan berbagai macam masakan ala Indonesia seperti masakan Sunda, masakan Padang, masakan Jawa dst. Tidak jauh dari kawah Ratu, para wisatawan pun juga bisa membeli survenir seperti topi, syal, sarung tangan, masker dan juga berbagai kerajinan dari kayu.

 

Referensi:

http://www.initempatwisata.com

http://www.kaskus.co.id

https://wikipedia.org

http://tempatwisatadibandung.info