You Are Here : Home News PERLENGKAPAN PENGAMAN PENUNGGANG KUDA TUNGGANG

PERLENGKAPAN PENGAMAN PENUNGGANG KUDA TUNGGANG

Bagi pencinta kuda tunggang tentu sudah mengetahui perlengkapan apa saja yang harus dipakai sebelum mengendarai atau menunggang kuda kesayangannya. Tulisan ini dimaksudkan sebagai panduan kepada para pemula yang mulai menggeluti dunia olah raga berkuda khususnya kuda tunggang atau equestrian. Beberaapa perlengakapan yang dipakai adalah sebagai berikut :

1. Helem atau helmet. Pelindung kepala ini sangat penting dipakai sebelum memulai aktifitas menunggang kuda. Helem ini berfungsi untuk melindungi      bagian luar kepala dari cedera ataupun bagian dalam dari guncangan sewaktu kejadian yang tidak kita duga terjadi, misalnya jatuh dari kuda saat kuda berlari. Pilihlah helem yang terbuat dari bahan yang bagus dalam arti kuat, ringan yang tidak mudah rusak sewaktu terbentur dengan bahan lain yang keras. Cocokkan ukuran helem dengan ukuran lingkar kepala dan pilihlah juga helem yang mempunyai pelindung bagian dalam yang empuk dan nyaman untuk dipakai dan jangan lupa helem tersebut harus mempunyai kancing sehingga posisi helem tidak mudah berubah sewaktu kita dalam beraktifitas menunggang kuda.

2. Rompi badan. Pelindung ini berfungsi melindungi badan si penunggang dari benturan dengan benda lain yang keras sewaktu kejadian yang tidak kita duga terjadi, misalnya jatuh dari kuda. Dengan memilih bahan rompi yang tepat maka badan si penunggang kuda akan terhindar dari cedera yang serius. Pilihlah bahan rompi dari bahan yang elastis, ringan dan tidak mudah robek dan jangan lupa kenakan rompi yang sesuai dengan ukuran tubuh kita yang melindungi bagian tubuh dari bagian bahu, dada, pundak, punggung, perut dan pinggang, serta rompi harus mempunyai kancing yang kuat sehingga antara bagian rompi menyatu dengan rapat.

3. Sepatu. Berbeda dengan sepatu yang biasanya kita pergunakan untuk kegiatan sehari-hari, sepatu untuk penunggang kuda di design khusus. Sepatu ini menyerupai sepatu boot yang tingginya sampai hampir menyentuh lutut. Dengan design sepatu seperti ini, maka akan melindungi bagian kaki, mata kaki, betis dan tulang kering si penunggang dari kemungkinan cedera akibat kejadian yang tidak terduga misalnya jatuh dari kuda. Biasanya sepatu ini terbuat dari kulit yang tebal yaitu kulit sapi.

Demikian saja tulisan sederhana ini kami tulis semoga bermanfaat bagi pemula yang mencintai olah raga berkuda khususnya olah raga kuda tunggang.