You Are Here : Home News SUNGAI OYO ATAU KALI OYO

SUNGAI OYO ATAU KALI OYO

Seperti yang disampaikan terlebih dalam tulisan Jackhorse,  wisata kali Oyo dapat disatukan dengan wisata Goa Pindul karena terletak pada wilayah yang sama. Hanya saja untuk memulai atau mengarungi wisata ini, operator wisata setempat akan membawa kita ke lokasi dengan menggunakan mobil pick up terbuka.

Kemudian pada akhir perjalanan dengan pick up kita akan diturunkan di daerah persawahan dan juga perkebunan pohon kayu putih yang minyaknya bisa digunakan sebagai obat gosok penghangat kayu putih. Pemandangan disini cukup bagus dan kita akan berjalan kaki menuju titik awal perjalanan menyusuri kali Oyo dengan menggunakan ban  dalam bekas (river tubbing).

Kami masih didampingi oleh pemandu yang sama yang dengan sabar memberikan informasi, bantuan dan pendampingan. Jarak yang akan kami tempuh berkisar sepanjang 3 km. Peserta akan dilepas satu persatu pada titik awal perjalanan dan kemudian berkumpul pada jarak 200 m dari titik awal dimana arus disini tidak terlalu deras. Setelah semua rombongan berkumpul, maka kami akan saling berpegangan supaya tidak terpencar-pencar dan juga untuk mencegah rasa panic, maka mulailah explorasi kali Oyo.

Ciri khas pinggiran sungai ini adalah bebatuannya, lebar sungai berkisar 6 sampai 8 meter dengan arus yang tenang sehingga kita bisa menikmati perjalanan menyusuri sungai ini. Perasaan tenang melihat pemandangan yang asri menghilangkan semua ketegangan dan stress yang ada, sambil membayangkan keagungan sang Pencipta.

Pada beberapa tempat disediakan tempat untuk melompat, karena kedalaman sungai mendukung untuk kegiatan tersebut, yaitu ada dengan ketinggian 4 meter dan bahkan ada yang 8 meter. Penyusuran yang kami lakukan dimulai dari jam 17.00 Wib dan berakhir jam 18.30 Wib. Sekali lagi tidak lengkap apabila tidak ada foto…………, maka nikmatilah hasil jepretan kami dan selamat mengunjungi sungai Oyo…………wonderfull Indonesia.