You Are Here : Home News PANTAI KLAYAR PACITAN

PANTAI KLAYAR PACITAN

Kesan pertama kami dalam perjalanan ke Pacitan dari arah Wonogiri adalah jalanannya yang mulus, dengan kwalitas aspal yang bagus sehingga perjalanan terasa menyenangkan walaupun jalannya berkelok-kelok, naik dan turun sehingga bagi anak-anak yang kondisi fisik kurang bisa menyebabkan mual.

Sebelum kita turun ke pantai, kita dapat menikmati pemandangan alamnya dari atas pebukitan, sehingga panorama pantai terlihat sangat jelas dan indah. Kesan pertama yang kami dapatkan adalah adanya kesadaran dari pemerintah setempat dan masyarakat sekitarnya akan kebersihan. Dapat dikatakan bahwa mereka sudah mulai sadar wisata.

Pantai Klayar terletak di Kec. Donorojo atau Desa Kalak, Kab. Pacitan, Jawa Timur. Sewaktu kami mengunjungi pantai ini terlihat pengerjaan infrastruktur di sekitar daerah menuju pantai. Selain pantai pasir putihnya, keunikan dari pantai ini adalah adanya batu karang yang boleh dibilang cukup besar dan menyebar di sepanjang pantai atau berjarak 15 m sampai 100 m dari bibir pantai seolah-olah sebagai batu pemecah ombak, di sisi timur terdapat karang raksasa yang dikenal dengan nama "sphink". Bahkan pada bagian agak ke tengah terdapat batu karang yang mempunyai celah yang ketika sebagian airnya masuk ke bawah batu dan menyemburkannya ke atas seperti air mancur dengan ketinggian 10 sampai 15 m. Dan juga menimbulkan suara seperti siulan begitu ada tiupan angina yang cukup kencang sehingga juga dikenal dengan Seruling Laut.

Pantai ini berombak cukup besar sehingga tidak ramah dan berbahaya bagi wisatan untuk mandi apalagi berselancar, sehingga secara berkala penjaga pantai selalu mengingatkan supaya pengunjung untuk tidak mandi atau bahkan melarang pengunjung untuk segera naik ke daratan karena berbahaya.
Sekali lagi, cerita tanpa foto tidak lengkap..........nikmati hasil kerja photographer kami...
Wonderfull Indonesia.......

Tebing dan Bebatuan di Pantai Klayar Pacitan.

 image003.jpg - 116.97 Kb