Kenapa harus Liburan? Apa manfaat liburan? Jangan disepelekan…..

Semua orang pasti memiliki masalah dalam hidup, ada saatnya lelah dan penat melanda anda… kami mencari tahu mengapa liburan sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental kita, bagaimana istirahat dari rutinitas hidup anda dapat menjadi pengalaman yang meningkatkan kesejahteraan sehingga menyelesaikan masalah anda, dengan memulihkan tenaga dan menyalakan kembali gairah serta kebahagiaan dalam diri anda dan keluarga.

Liburan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, fisik maupun mental serta hubungan sosial. Berikut ini selusin manfaat liburan dikutip dari buku “Tips Seputar Holiday: Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Liburan” oleh Panuwun Budi, penting untuk anda ketahui:

  • Menurunkan risiko stres

Sebagian besar orang yang menjalani liburan akan langsung merasakan manfaat ini. Stres merupakan reaksi tubuh terhadap ancaman, tekanan, dan perubahan yang pastinya akan Anda hadapi setiap hari. Jika stres terlalu tinggi, tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan. Cara mengatasi stres yang paling ampuh adalah menghindari stressor (pemicu stress). Jika berlibur ke tempat-tempat yang menyenangkan tentu dapat mengistirahatkan diri anda dari stresor.

  • Mencegah terserang penyakit

Sebuah penelitian membuktikan bahwa stres dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh (imun). Imun yang buruk dapat menyebabkan mudahnya tubuh terinfeksi pathogen penyebab penyakit, seperti virus, bakteri, jamur dan parasit. Liburan mendatangkan kebahagiaan tersendiri dan meredakan stres, sehingga dengan berlibur dapat menjaga sistem kekebalan dan mencegah Anda terserang penyakit.

  • Meningkatkan produktivitas

Ketika seseorang memiliki rutinitas sehari-hari yang membosankan, atau merasa kelelahan karena hanya fokus bekerja maka akan menurunkan produktivitas. Dengan menjauh dari rutinitas selama beberapa hari melalui berlibur dapat kembali menyegarkan anda. Liburan membuat anda lebih siap dan semangat dalam bekerja.

  • Membantu tetap fokus

Liburan juga bisa membantu Anda tetap fokus. Jeda dari rutinitas harian, bermanfaat menyegarkan dan mengisi ulang sel-sel otak sehingga bisa meningkatkan konsentrasi. Ketika fokus terjaga, ide-ide cemerlang yang bisa menunjang pekerjaan pun bermunculan. Itulah sebabnya banyak ide brilian lahir, ketika Anda sedang tidak berkutat dengan pekerjaan.  

  • Meningkatkan aktivitas fisik dan kesehatan tulang

Apakah anda termasuk pekerja yang kesehariannya menghabiskan waktu di depan komputer atau laptop? Rutinitas ini tentu membuat anda jadi kurang aktif bergerak. Selain olahraga, meningkatkan aktivitas fisik juga dapat dilakukan dengan berlibur. Selama liburan, anda perlu berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Hal ini memungkinkan anda untuk berjalan lebih banyak dari biasanya. Jika anda memilih liburan untuk mendaki gunung, ada banyak manfaat yang akan didapat, seperti membangun otot dan membuat tulang menjadi lebih kuat, serta meningkatkan keseimbangan tubuh.

  • Bantu memperoleh istirahat yang lebih baik

Pentingnya liburan untuk kesehatan dapat meningkatkan kualitas tidur sehingga bisa menambah waktu istirahat. Hal ini bermanfaat bagi anda yang mengalami gangguan tidur. Sebuah survei menyebutkan bahwa orang cenderung tidur satu jam lebih banyak ketika berlibur. Liburan dapat membantu mengeluarkan hormon-hormon relaksasi yang membuat anda jauh lebih mudah tertidur.

  • Mempererat ikatan dengan orang-orang yang disayangi

Aktivitas dan pekerjaan yang padat dapat mengurangi waktu anda bersama keluarga dan orang-orang yang disayangi. Tentu, anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Manfaat berlibur dapat mempererat kembali ikatan anda dengan orang-orang terkasih. Karena itu, usahakan untuk selalu menyediakan waktu liburan bersama mereka.

  • Meningkatkan kualitas hubungan intim

Bagi pasangan suami istri, keharmonisan keluarga itu sangatlah penting. Meski terkesan sepele, manfaat liburan bagi kesehatan ternyata bisa meningkatkan kualitas hubungan intim anda dengan pasangan. Ketika tingkat stres berkurang, libido alias gairah seksual anda akan meningkat. Sebaliknya, jarang liburan dapat membuat anda lebih rentan mengalami stres sehingga dapat menurunkan libido.

  • Menekan risiko penyakit jantung

Stres adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko anda mengalami penyakit jantung. Dengan berlibur, stres berkurang sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Menurut penelitian, liburan secara teratur dapat mengurangi risiko serangan jantung sebesar 32 persen pada pria dan 50 persen pada wanita.

  • Hidup lebih lama

Sebuah riset yang dipublikasikan International Journal of Environmental Research and Public Health, mengungkapkan bahwa liburan jangka pendek bisa mengurangi ketegangan dan stres, serta berdampak positif bagi kesejahteraan fisik dan mental. Ketika stres berkurang, kesehatan tubuh secara menyeluruh turut meningkat sehingga bisa meminimalkan risiko anda mengidap berbagai gangguan kesehatan. Pada gilirannya, hal ini bermanfaat memperbesar peluang hidup anda lebih lama.

  • Meredakan rasa cemas

Selain mengurangi stres, liburan dan rekreasi juga memberi kesehatan mental dengan mengurangi kecemasan. Sama halnya stres, kecemasan juga membuat anda berpikir dua kali dalam mengambil suatu keputusan. Namun, kecemasan juga tidak boleh berlebihan karena dapat membuat hidup seseorang jadi tidak tenang. Nah, saat menjalani liburan, anda akan menjadi lebih santai dan perasaan akan lebih tenang. Tidak seperti hari-hari biasanya yang penuh kesibukan, membuat anda kadang terburu-buru atau tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu.

  • Menimbulkan rasa kepuasan dalam hidup

Manfaat liburan yang mungkin tidak anda sadari adalah terciptanya rasa puas dalam hidup. Untuk memenuhi berbagai kebutuhan, memang anda dituntut untuk melakukan pekerjaan. Akan tetapi, bukan berarti anda harus terus menerus berkutat dengan pekerjaan tanpa kenal lelah. Luangkan waktu untuk berlibur juga perlu anda lakukan. Liburan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dengan kebahagiaan anda. Belum lagi, manfaat lainnya yang akan dapatkan membuat anda jadi lebih puas dalam menjalani hidup ini. Selain itu, liburan juga dapat meningkatkan rasa syukur anda karena diberi kesempatan untuk menikmati keindahan selama mengunjungi tempat-tempat yang istimewa.

Nah… setelah mengetahui manfaat liburan… apakah anda memiliki rencana untuk berlibur? Jika anda ingin melakukan perjalanan untuk berlibur, tetapi sulit menemukan jasa sewa mobil pariwisata klik link  https://jackhorse.com di sini ada solusinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *