Keindahan Curug-curug di Banten

Keindahan Curug-curug di Banten

Wisata curug bagi penikmat alam dapat menenangkan hati, keindahan suasananya yang menyejukkan cocok untuk menghilangkan penat dan mengurangi stress.

Arti kata Curug  dalam Bahasa sunda adalah air terjun. Provinsi Banten dengan luas wilayah 9.160,70 km2 dibentuk berdasarkan UU No.23 Tahun 2000. Wilayahnya lebih luas jika dibandingkan dengan provinsi Daerah Khusus Jakarta (664,01 km2) dan Daerah Istimewa Yogyakarta   (3.133,15 km2). Daerah yang dahulunya merupakan bagian dari provinsi Jawa Barat ini, memiliki banyak keunikan diantaranya memiliki banyak curug atau air terjun. Bagi anda yang tertarik untuk menikmati keindahan curug di Banten, kami berikan 15 pilihan wisata curug yang dapat diakses melalui Google Maps yaitu:

  1. Wisata Curug Cikumpai

Curug ini terletak di Desa Maraya, Kec. Sajira, Kabupaten Lebak, Banten. Tempat wisata ini ditutup di hari Rabu dan dibuka di hari lain pada jam 08.00-16.00 WIB, khusus hari Jumat tujuan wisata ini buka jam 08.00-11.00 WIB kemudian buka kembali jam 13.00-16.00 WIB.

  1. Wisata Curug Cibangkit

Curug yang terletak di Kampung Cikancra, Sukamaju, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak ini juga tidak kalah menariknya. Walaupun wajib menyiapkan tenaga fisik dahulu jika ingin mengunjunginya, namun semuanya tidak sia-sia karena curug ini indah, sejuk dan alami. Trek menuju curug ini akan lebih berat jika musim hujan karena licin dan berlumut. Jika ingin ke sini wajib menggunkan pemandu karena jalurnya yang ektrem, terlebih bagi yang belum pernah mengunjunginya.

  1. Wisata Curug Cipicung 

Curug ini terletak di Desa Sukaresmi, Kec. Sobang, Kabupaten Lebak. Bagi para pecinta alam trek menuju curug ini cukup menarik, terlebih sudah ada fasilitas toilet atau kamar mandi. Berwisata ke curug ini nyaman dan indah.

  1. Wisata Curug Ciporolak

Curug yang terletak di Kampung lebak picung, Hegarmanah, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak ini tutup di hari Jumat dan buka jam 06.30-17.00 WIB di hari lainnya. Curug ini terbilang cukup tinggi jika dibandingkan curug-curug lainnya. Trek menuju curug ini sangat indah karena melewati sawah, perbukitan, hutan dan sungai. Jika berwisata membawa kendaraan bermotor, anda dapat parkir di rumah warga sekitar curug.

  1. Wisata Curug Cibunayah

Curug yang terletak di DesaTurus, Sukadaya, Kec. Cikulur, Kabupaten Lebak ini memang kurang terawatt dan belum banyak diminati para wisatawan. Akan tetapi, curug ini cukup asri sehingga dapat mengusir penat dan merupakan tempat alternatif untuk memancing.

  1. Wisata Curug Cigumawang

Letak tujuan wisata ini ada di Desa Bugel Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang. Akses menuju curug ini terbilang cukup bagus karena mudah diakses dengan kendaraan bermotor. Akan tetapi, tarif parkir tempat wisata ini lumayan mengocek kantong. Ada yang berpendapat bahwa tarif parkir di curug ini seperti di mall karena wilayah curug ini cukup luas dan berada diantara dua desa.

  1. Wisata Curug Cikotak

Terletak di desa Cibojong, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang. Berwisata ke curug ini akan lebih mudah dicapai dengan kendaraan beroda dua. Jika anda ingin mengunjungi curug ini, anda dapat berjalan kaki kurang lebih 20 menit dari tempat parkir. Kami menyarankan lebih berhati-hati jika anda berwisata saat musim hujan, karena treknya licin.

  1. Wisata Curug Leuwi Putih

Curug yang terletak di desa Cinoyong, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang ini akan memanjakan mata anda dengan keindahannya. Aksesnya yang cukup mudah, dapat dilalui oleh kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. 

  1. Wisata Curug Putri Carita

Curug dengan nama lain wisata air terjun tahura ini mendapat julukan “Little Green Canyon Banten”ini terletak di Jl. Desa, RT.14/RW.04, Sukarame, Kec. Carita, Kabupaten Pandeglang. Tempat wisata ini buka setiap hari Pukul 07.00-17.00 WIB, dengan harga tiket Rp 50.000,00. Sebaiknya hubungi tour guide untuk menikmati serunya berwisata di curug ini dengan lebih aman dan nyaman. Tempat wisata ini sudah memiliki fasilitas toilet dan warung makan.

  1. Wisata Curug Ciajeung

Curug yang terletak di Desa Cinoyong, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang ini sudah lebih mudah diakses karena jalan hingga parkiran motor sudah paving block. Akan tetapi, sulit menemukan pemandu untuk berwisata curug di sini.

  1. Wisata Curug Kembar

Curug ini letaknya tidak jauh dari Curug Ciajeung.

Oleh karena itu, jika anda ingin menikmati keindahan dua curug sekaligus dalam satu lokasi, maka anda dapat berkunjung ke desa Cinoyong Cinoyong, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang.

  1. Wisata Curug Leuwi Gumi

Curug ini berada di Kampung Bungur, Cibojong, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang. Curug yang masih alami ini cukup bersih dari sampah, selain itu airnya pun jernih sehingga nyaman sebagai tempat untuk berenang.

  1. Wisata Curug Betung

Curug ini terletak di Desa Kubang Baros, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang. Curug ini bersebelahan dengan Rawa Danau, sehingga dengan berwisata di curug ini dapat merasakan keindahan alam yang mempesona. Agar pengalaman berlibur anda lebih lengkap di curug ini, anda dapat membawa alat pancing dan merasakan keseruan mincing di curug ini.

  1. Wisata Curug Munding Cicaringin

Letak curug ini di desa Cicaringin, Kecamatan Gunungkencana, Kabupaten Lebak. Anda tidak akan menyesal mengunjungi curug ini, selain indah dan asri jika anda berjalan ke atas lagi anda juga bisa mengunjungi curug Sewu di Desa Cicaringin.

  1. Wisata Curug Cihanarusa

Curug ini terletak di Desa Jatake, Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak. 

Lima belas wisata curug di atas akan menguras tenaga dan melatih fisik anda. Untuk kenyamanan anda, sebaiknya anda pertimbangkan menggunakan jasa layanan transportasi Jackhorse Pariwisata menuju wisata curug impian anda. Klik link https://jackhorse.com untuk info lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *