Pentingnya Servis Berkala Bagi Mobil Kesayangan Anda!!!

Servis, pemeliharaan, atau perawatan (maintenance) berkala bagi mobil merupakan suatu kombinasi dari setiap tindakan yang dilakukan untuk menjaga, merawat, menyetel, memperbaiki mobil sampai mengganti komponen-komponen pada mobil yang mengalami penurunan kinerja yang dilakukan dalam interval waktu tertentu secara berkala.

Servis berkala dikerjakan atas dasar sejauhmana atau berapa lama kendaraan telah berjalan (dalam km atau bulan), meskipun dalam kegiatan ini sebenarnya juga kadang-kadang terjadi sedikit perbaikan. Umumnya, servis berkala mesin mobil dalam interval sekitar 10.000 km (servis besar) disebut tune-up mesin kendaraan.

Dengan dilakukannya servis berkala akan didapatkan beberapa keuntungan sebagai berikut:

  • Mobil selalu dalam kondisi optimal dan selalu siap dioperasikan
  • Biaya operasional yang hemat
  • Keamanan dan keselamatan
  • Untuk kerja dan kenyamanan yang optimal

Lalu bagaimana cara merawat mobil Anda? Ada beberapa cara merawat mobil Anda dikutip dari Buku “Cara Mudah merawat Mobil”oleh Panuwun Budi diantaranya:

Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Sebagai pemilik mobil, jika ingin mesin mobil Anda awet seharusnya tidak membeli bahan bakar berdasarkan pertimbangan ekonomi saja. Beli bahan bakar yang sesuai dengan yang dibutuhkan mesin mobil Anda. Saat ini, banyak mobil menggunakan mesin yang menuntut penggunaan bahan bakar dengan kadar oktana tertentu. Seperti, mobil-mobil bermesin turbo yang menuntut bahan bakar dengan kadar oktana 92. Jika Anda ingin mengetahui spesifikasi bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin mobil, cek buku manual yang Anda dapatkan saat membeli mobil atau anda dapat berselancar melalui situs mesin pencari online.

Ganti Oli Mobil Secara Berkala

Oli berikut komponen penyaringnya harus diganti secara berkala untuk menjaga keawetan mesin. Oli punya banyak fungsi bagi mesin mobil. Tidak Cuma meredam gesekan antar komponen mesin, oli mendinginkan mesin. Pelumas juga membersihkan kotoran, dan mencegah karat menghinggapi mesin mobil.

Saat ini, semua mobil dilengkapi indikator yang menunjukkan kondisi oli mesin. Jika oli sudah tidak bisa dipakai lagi, ada lampu indikator di dasbor mobil. Namun perlu diingat, jika lampu indikator menyala, artinya oli di mobil Anda sudah tidak layak pakai lagi. Hal ini dapat menimbulkan risiko kerusakan mesin. Untuk mobil-mobil keluaran baru, oli tidak cuma dibutuhkan mesin utama dan rem. Akan tetapi, ada juga bagian-bagian tertentu yang membutuhkan oli, seperti power steering. Anda juga harus melakukan penggantian oli untuk bagian-bagian khusus ini secara berkala.

Cek dan Ganti Aki secara Berkala

Bagi mobil dengan mesin bahan bakar, aki merupakan sumber listrik. Aki ini yang memantikkan api untuk kemudian dibakar oleh bensin. Hasil pembakaran yang dimampatkan ini, yang akan menghasilkan tenaga untuk menggerakkan mobil. Layaknya baterai, aki memiliki umur hidup yang terbatas. Kemampuannya untuk menyimpan listrik akan berkurang sejalan dengan masa pakai. Biasanya, aki mobil harus diganti setelah dipakai selama dua-tiga tahun.

Periksa Kelayakan Ban

Ban merupakan komponen yang penting, bagian dari mobil ini langsung menyentuh jalanan. Ban berperan memastikan mobil bergerak dan bermanuver dengan stabil. Jika kondisi ban tidak oke, gerak mobil bisa tidak terkendali.

Tekanan angin ban dapat mengindikasikan bahaya atau tidaknya kondisi ban. Tekanan angin yang tidak sesuai akan membuat ban kehilangan daya cengkeram. Ban juga bisa robek gara-gara tekanan yang tidak sesuai. Sebagian mobil zaman sekarang memiliki indikator tekanan angin yang ada di ban. Jika mobil Anda sudah dilengkapi indikator semacam ini, Anda tinggal memantaunya setiap kali berkendara. Angin dalam ban biasanya berkurang, atau mungkin juga bertambah, dalam kisaran minggu. Jadi, ada baiknya Anda mengecek tekanan angin di ban sekali dalam sepekan, atau paling lama dalam sebulan.

Kelayakan ban juga ditentukan oleh ketebalan atau pola tapak yang ada di permukaannya. Jika sudah aus, atau tidak ada lagi kembangan di tapaknya, daya cengkeram ban sudah sangat rendah. Ban jenis ini sudah tidak layak dipakai dan harus diganti. Biasanya, tapak ban akan aus dalam masa dua-tiga tahun. Seberapa cepatnya akan bergantung pada masa pakai mobil, serta kondisi jalan yang sering dilaluinya.

Periksa Rem secara Berkala

Fungsi rem dalam mobil tentu sudah Anda ketahui. Tanpa rem, mobil tidak bisa dikendalikan dengan aman. Jangan lupa memeriksa rem mobil anda secara berkala, untuk memastikan rem mobil Anda pakem setiap saat. Pada mobil baru, pemeriksaan rem akan dilakukan mengikuti jadwal servis rutin yang ditetapkan produsen mobil. Saat pemeriksaan rem, bengkel biasanya akan mengganti minyak berikut saringannya.

Cek dan Isi Air Radiator dan Cairan Lain

Saat mobil menyala, mesin mobil memanas. Jika tidak didinginkan, suhu akan terus meningkat hingga berisiko membuat mesin rusak. Tugas melakukan pendinginan ini utamanya dilakukan radiator. Sebagai pendingin, radiator membutuhkan air, atau coolant yang saat ini lebih populer digunakan. Jangan lupa juga untuk mengecek ketersediaan air dalam tabung pembersih kaca. Saat hujan, wiper berikut cairan pembersih kaca memainkan peran yang penting. Jika kaca mobilmu buram, pasti Anda tidak merasa nyaman dan aman dalam berkendara.

Bersihkan Mobil secara Rutin

Perawatan yang seharusnya paling sering dilakukan adalah mencuci badan mobil. Kendati terkesan sepele, mobil perlu dicuci secara rutin untuk merawat kondisi cat. Bagian dalam mobil juga perlu dijaga tetap bersih agar tidak mengundang serangga. Pastikan tidak ada sisa makanan, atau sampah lainnya yang menyelip di sela-sela bagian dalam mobil. Mesin mobil seharusnya dibersihkan secara berkala. Namun, pembersihan mesin sebaiknya diserahkan kepada mereka yang paham. Jika mesin dibersihkan oleh orang yang tidak paham, ada risiko air akan masuk ke celah-celah mesin. Ini malah bisa membuat mesin jadi rusak. Jika Anda memiliki mobil baru, ikutilah jadwal servis secara berkala. Biasanya, pada tahap pemeriksaan tertentu, pihak bengkel akan menawarkan untuk membersihkan mesin.

Cek Lampu-lampu Mobil

Tidak ada salahnya untuk memeriksa fungsi lampu-lampu mobil. Seperti lampu besar atau sein. Jangan sampai saat berkendara di malam hari, sebagian lampu di mobil Anda tidak berfungsi. Kondisi ini tidak cuma membahayakan Anda, tetapi juga pengendara lain.

Mobil-mobil yang siap disewa di Jackhorse Pariwisata selalu melakukan servis berkala dan dipastikan aman untuk berkendara. Jika Anda ingin melakukan perjalanan jauh maupun dekat dengan banyak penumpang, sebaiknya menyewa mobil di Jackhorse aja… cek kebutuhan anda di https://jackhorse.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *