WISATA LEGENT TANGKUBAN PERAHU

Rasanya tidak ada yang tidak kenal dan tau ketika mendengar dan disebut nama Tangkuban Perahu, yang belum pernah berkunjung ke sana pun tentu familiar atau hafal dengan namanya gunung tersebut. Gunung Tangkuban perahu merupakan salah satu Ikon pariwisata jika kita ke Bandung atau Subang, karena letaknya berada diwilayah antara Bandung dan Subang.

Mengutip laman Wikipedia Gunung tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di Desa Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, ke arah utara merupakan arah Lembang dan kota Bandung yang banyak destinasi lokasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Gunung tangkuban perahu sendiri memiliki ketinggian 2.084 Mdpl. Gunung tangkuban perahu terbentuk sekitar 125.000 tahun lalu di kaldera sunda, menurut T. Bachtiar gunung tangkuban perahu lahir setelah terbentuk sesar Lembang. Bentuk Gunung tangkuban Perahu adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat, untuk jenis batuan yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, untuk mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, untuk mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang, suhu rata-rata harian di Gunung Tangkuban Perahu adalah 17℃ pada siang hari dan 2℃ pada malam hari. Gunung Tangkuban Perahu sendiri memilik kawah aktif yang sekaligus menjadi daya tarik masyarakat untuk mengunjungi, yaitu kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Baru dan Kawah Domas.

Ada beberapa aktifitas yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Kawasan wisata gunung Tangkuban Perahu, diantaranya :

  1. Bisa Mengunjungi beberapa Kawah yang ada di sana
  2. Melihat berbagai macam Flora dan Fauna endemic
  3. Bisa melakukan aktifitas Outbond
  4. Bisa Bermain ditaman
  5. Aktifitas belanja Suvenir atau oleh-oleh
    Harga Tiket
    Untuk memasuki Kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu wisatawan cukup membayar tiket masuk Rp 20.0000,- pada hari biasa (weekday) per orang dan Rp 30.000,- pada akhir pekan (weekand) dan libur nasional, namun khusus untuk wisatawan mancanegara Rp 200.000,- pada hari kerja (weekday) dan Rp 300.000,- pada akhir pekan (weekand), namun khusus untuk rombongan pelajar nusantara Rp 18.000,- pada hari biasa (weekday) dan Rp 20.000,- pada akhir pekan (weekand).
    Jam Buka
    Obyek wisata Gunung Tangkuban Perahu buka setiap hari dari pukul 08:00 WIB sampai dengan pukul 17:00 WIB dan perlu diingatkan juga untuk setip wisatawan yang berkunjung ke Kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu wajib memperhatikan intruksi yang diberikan oleh pengelola, dikarenakan jam kunjungan dan kondisi alam Gunung tangkuban Perahu yang kadang kondusif dan kadang tidak kondusif.
    Alternatif Wisata Sekitar.
    Dikarenakan Gunung Tangkuban Perahu berada di antara wilayah subang dan Bandung tentu banyak lokasi wisata alternatif di sekitar yang bisa menjadi rekomendasi untuk dikunjungi, diantaranya:
  6. Pemandian air panas Sari Ater Subang
  7. De Castelo Subang
  8. Kawasan Wisata lembang
  9. Dll

Banyak hal yang bisa di Eksplore jika berwisata ke Kawasan wisata gunung tangkuban
perahu, sangat cocok bagi anda jika menginginkan wisata bertema keindahan alam.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *