Ngopi Di Pinggir Sawah

Kopi sudah dikenal di Indonesia dari tahun 1696 ketika bangsa Belanda datang dan menduduki sebagian wilayah Indonesia dalam rangka mencari sumber rempah-rempah di bumi Nusantara Ini.

Jenis kopi yang meraka bawa adalah jenis Arabika yang asalnya dari Malabar yang dikemudian hari (pada saat  ini) dikenal sebagai kopi dengan aroma yang wangi dan banyak disukai. Kemudian budidaya pertama dilakukan di daerah Kedawung didaerah Batavia. Walaupun usaha pertama kali gagal namun kemudian dilanjutkan pada tahun 1706 dengan mendatangkan stek tanaman kopi.

Perkembangan tanaman kopi selanjutnya adalah mendatangkan jenis Robusta yang lebih tahan terhadap penyakit karat daun atau Hemileia vastatrix (HV). Keberhasilan budidaya tanaman ini menjadikan Indonesia  suatu waktu menjadi pengekspor kopi dunia

Penyebaran tanaman kopi di Indonesia akhirnya sampai keseluruh pelosok negeri sehingga kita mengenal adanya Kopi Gayo-Aceh, Kopi Sidikalang-Sumut, Kopi Kintamani-Bali dan lainnya yang masing-masing mempunyai cita rasa khas masing-masing sesuai dengan wilayah tumbuhnya.

Saat ini pada masa era generasi Millennial dan Gen-Z cara penyajian kopi dan cara minum serta suasana tempat minumnyapun diatur sedemikian rupa sehingga menjadi sangat menarik. Salah satu yang tim Jackhorse kunjungi adalah restaurant atau coffee shop di wilayah Puncak, Bogor.

Berikut adalah foto-foto suasanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *